Pengaruh Stres Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Tetap (Studi Kasus Pada DInas Komunikasi dan INformatika Provinsi Jawa Barat)

ODETTA LEVELINA

Informasi Dasar

15.04.285
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Motivasi kerja dapat diperngaruhi oleh faktor-faktor stres kerja, diantaranya lingkungan, organisasi dan kepribadian. Faktor-faktor stres kerja tersebut akan dirasakan oleh hampir seluruh pegawai yang bekerja pada suatu organisasi baik perusahaan maupun instansi pemerintahan, tidak terkecuali Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Barat (Diskominfo Jabar). Diskominfo Jabar merupakan salah satu lembaga teknis pemerintah yang menangani bidang teknologi komunikasi dan informasi.

Penelitian ini dirancang untuk dapat mengetahui pengaruh faktor-faktor stres kerja baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap motivasi kerja pegawai di Diskominfo Jabar. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis jalur, dengan teknik survey dimana keseluruhan populasi dijadikan objek penelitian dalam rentang waktu cross sectional. Pengujian hipotesis penelitin dilakukan dengan menngunakan uji F untuk pengaruh simultan dan uji t untuk pengaruh parsial. Data diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang berisi daftar pernyataan untuk mengukur tanggapan responden terhadap variabel penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang kuat dan signifikan antara faktor-faktor stres kerja terhadap motivasi kerja pada pegawai tetap Diskominfo Jabar dengan besar persentase 68,5%. Dari ketiga faktor stres kerja yang diteliti, faktor stres kerja organisasi menjadi faktor stres kerja yang paling dominan dengan persentase 41,3%. Faktor-faktor lain sisanya sebesar 31,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa jika stres kerja dikelola dengan baik maka motivasi akan meningkat sejalan dengan peningkatan stres kerja.

Kata kunci: Stres Kerja Lingkungan, Stres Kerja Organisasi, Stres Kerja Kepribadian, Motivasi Kerja

Subjek

PERSONNEL MANAGEMENT
 

Katalog

Pengaruh Stres Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Tetap (Studi Kasus Pada DInas Komunikasi dan INformatika Provinsi Jawa Barat)
 
73p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ODETTA LEVELINA
Perorangan
Tarcisius Tariman Sipayung
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini