Medan Elektromagnetika

Mudrik Alaydrus

Informasi Dasar

15.01.626
530.141
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
11a

Energi dan informasi adalah dua masalah penting dalam kehidupan modern saat ini. Kedua adalah produk dari teknik elektro yang memanfaatkan sifat dan perilaku dari muatan-muatan listrik. Model dan prinsip dari rekayasa kelistrikan ini akan dibahas di buku ini.

Jauh sebelum abad pertengahan, efek dan fenomena kelistrikan telah dikenal masyarakat secara luas, baik dalam bentuk elektrostatika, tarik menarik atau tolak menolak akibat gesekan dua benda ataupun dalam bentuk magnetostatika, magne itu sendiri. Para peneliti seperti coulomb, oerstedt, Ampere, biotsavart, faraday, dan lainnya telah berhasil merumuskan suatu formulasi tertentu yang bisa digunakan untuk melakukan perhitungan dan evaluasi terhadap besaran karakteristik dari medan listrik dan magnet sehingga bisa diamnfaatkan untuk suatu keperluan yang lebih akurat.

Sekumpulan fakta dan formulasi rumus yang bersebaran dan memiliki bnetuk yang tidak terstandarisasi kemudian diolah oleh Maxwell menjadi empat buah persamaan yang sangat indah memiliki tingkat simetri yang tinggi. Persamaan yang sangat indah dan memiliki tingkat simetri yang tinggi. Persamaan ini dikenal dengan nama persamaan Maxwell.Eistein oun berkata bahwa hasil kerja Maxwell ini telah merubah perjalanan dunia. Salah satu hal penting yang dilakukan Maxwell adalah diperkenalkannya arus pergeseran yang dengannya sekaligus Maxwell memprediksikan adanya gelomabang elektromagnetik yang bisa merambat di udara bebas. Dua puluh lima tahun kemudian Hertz berhasil membuktikan keberadaan elektromagmetik.

Hasil kerja para ilmuwan selama lebih kuarang 300 tahun bisa kita nikmati dengan berbagai alat dan sistim yang ada saat ini, seperti baterei, lampu, kompor listrik, seterika, transformator, motor listrik, TV, layar touch screen, telefon seluler, magnetik levitation (maglev), dan masih banyak lagi yang belum disebut. Kita perlu menyadari bahwa perkembangan teknologi ini tidak akan pernah berhenti dan harus memiliki visi dan berkreasi.

Subjek

Electromagnetic theory
ELECTROMAGNETIC FIELDS AND WAVES,

Katalog

Medan Elektromagnetika
978-979-29-2359-9
xii, 276p.: il.; 23cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Mudrik Alaydrus
Perorangan
 
 

Penerbit

Andi
Yogyakarta
2014

Koleksi

Kompetensi

  • TTI2C3 - ELEKTROMAGNETIKA
  • FEH2F3 - ELEKTROMAGNETIKA
  • TT2323 - ELEKTROMAGNETIKA I
  • FEG2C3 - ELEKTROMAGNETIKA I

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini