Anti Partai

Bima Arya Sugiarto

Informasi Dasar

15.01.551
001
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)

Hans J. Morgenthau mengistilahkan esensi politik dengan the struggle for power, perjuangan untuk mendapatkan kekuasaan. Determinasi institusional partai dan person kerapkali berwawasan pragmatisme yang kental. Dalam terma ini, resiprokalitas prilaku elit serta laku ambiguitas semakin kentara dengan menjalin komunikasi koalisi yang hanya menguntungkan diantara mereka saja serta menafikan kepentingan rakyat.

Buah dari itu semua adalah ketidakpercayaan (untrust) mayoritas masyarakat terhadap partai dan sistem kepartaian di Indonesia. Tingginya angka “golongan putih” (golput) dalam berbagai Pilkada bahkan Pemilu menjadi indikasi sangat fundamental bahwa memang masyarakat semakin tidak percaya terhadap “pelaku-pelaku” partai yang hanya “manis dibibir dan lain dihati”. Rupanya masyarakat jengah dan sangat mafhum bahwa kebohongan bagi para politisi adalah keniscayaan. Robert Agger (1961) mengatakan bahwa secara politis, sinisme politik menampilkan diri dalam perasaan bahwa politik adalah urusan kotor, politisi tidak dapat dipercaya, kekuasaan diselenggarakan oleh orang–orang ”tanpa muka” dan lain sebagainya. Alergi terhadap segala prilaku partai politik adalah tahapan yang paling akut dari sinisme politik tersebut. Suatu kondisi psikologis yang jelas sangat tidak kondusif bagi upaya membangun sistem demokrasi multipartai yang absah dan efektif serta menyeimbangkan antara aspek representativeness (perwakilan) dan governability (pemerintahan).

Alergi para pegiat perubahan dan phobia masyarakat umum terhadap partai politik harus dikikis habis. Gerbong parpol harus dijejali oleh para akademisi, pengusaha, aktivis LSM dan kalangan lainnya. Mengalienasi partai politik berarti juga berkontribusi bagi proses pembusukan politik (political decay). Maka, Bangunkanlah partai-partai!

Subjek

KNOWLEDGE
 

Katalog

Anti Partai
978-979-16664-3-5
x, 190p.: 21cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Bima Arya Sugiarto
Perorangan
 
 

Penerbit

Gramata Publishing
Jakarta
2010

Koleksi

Kompetensi

  • DU1312 - PENGETAHUAN LINGKUNGAN
  • DU2203 - KEWARGANEGARAAN
  • KUH2A2 - PENGETAHUAN LINGKUNGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini