PENGARUH KOMPONEN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN(Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012)

RANDIMAS DWI NUGROHO

Informasi Dasar

15.04.026
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak Tujuan jangka panjang perusahaan adalah untuk mengoptimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan akan terlihat dari harga pasar sahamnya. Peningkatan nilai perusahaan dapat memberikan sinyal positif kepada investor untuk berinvestasi pada suatu perusahaan. Nilai perusahaan yang tinggi akan membuat pasar (investor) percaya tidak hanya pada kinerja perusahaan saat ini namun juga pada prospek perusahaan di masa depan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah komponen Good Corporate Governance yang terdiri dari Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Komite Audit serta Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan yang diukur dengan price to book value (PBV). Penelitian ini juga meneliti apakah terdapat hubungan diantara komponen corporate governance dengan Corporate Social Responsibility dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Sampel yang dipilih berdasarkan purposive sampling sebanyak 21 perusahaan pertambangan yang terdaftar dalam BEI periode 2010-2012. Analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan program SPSS 20 (Statistical Program for Social Science). Dari hasil penelitian menggunakan analisis jalur diketahui bahwa Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Komisaris independen secara parsial tidak memiliki korelasi yang signifikan terhadap corporate social responsibility, sedangkan Komite Audit memiliki korelasi yang signifikan terhadap corporate social responsibility. Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV) sedangkan Komisaris Independen, Komite Audit dan corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Secara simultan dapat disimpulkan bahwa Komponen Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Nilai Perusahaan.

Kata kunci : Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Price to Book Value

Subjek

ACCOUNTING MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH KOMPONEN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN(Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012)
 
130p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RANDIMAS DWI NUGROHO
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ekonomi
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini