Desain dan Implementasi Gerbang Otomatis menggunakan motor DC dengan aplikasi Android berbasis Arduino

Mohammad Iqbal Dwicahyo

Informasi Dasar

1105100040
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Di zaman modern saat ini perkembangan teknologi sudah semakin maju di berbagai pengaplikasian sistem, baik dari sistem yang makro maupun sistem yang mikro.Pengendalian sistem jarak jauh yang sekarang ini banyak dikembangkan menjadi daya tarik mahasiswa untuk mengerjakan tugas akhirnya dalam bidang tersebut. Perkembangan teknologi ini bertujuan memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan yang rutin yang juga dapat mengefisiensikan waktu.
Dalam tugas akhir ini akan dibahas tentang perancangan dan implementasi gerbang otomatis dengan aplikasi Android dan Arduino. Penelitian ini menggunakan modul Arduino Uno sebagai pengontrol utama, Wifly Shield sebagai penghubung antara Arduino Uno dengan Android, dan aplikasi Android sebagai interface system, mengacu pada permasalahan yang ada pada kehidupan sehari-hari, saat suatu pengemudi kendaraan diharuskan turun dahulu untuk membuka gerbangnya dengan laju kepadatan yang tinggi. Aplikasi ini bagus diterapkan untuk rumah yang berada dipinggir jalan dengan kepadatan lalu lintas yang tinggi. Gerbang otomatis tersebut digerakkan dengan motor DC dengan torsi yang besar untuk menggerakkan pagar yang biasa terbuat dari baja atau besi.
Hasil akhir yang didapatkan pada tugas akhir ini adalah berupa gerbang otomatis menggunakan motor dc dengan aplikasi android berbasis arduino dengan koneksi Wifi, perlu diingat bahwa karya ini langsung diterapkan pada gerbang otomatis sesungguhnya(bukan prototype). Dengan menganalisis torsi motor dc yang diperlukan dan besar gearnya, apabila produk ini diperjual belikan di pasaran, sehingga menjadi suatu produk dengan tingkat kehandalan yang tinggi, berkualitas dan harga yang terjangkau.KATA KUNCI: Arduino, Torsi Motor DC, Android, Wifly Shield
ABSTRACT: In this modern era, the development of technology already move forward in every system application, even in macro or micro system. Controlling system in long distance(remote control) now being developed and becoming attraction of college student to work on their final project. The purpose of advanced technology are to make people life more easier and can make their time more useful.
In this final project ,will discussed about design and implementation automatic gate with Android as an interface and Arduino as microcontroller. This research using Arduino Uno as microcontroller, Wifly Shield as connector between Arduino Uno and Android, and Android as Interface system, referring to problem that come in everyday, while car driver must be get off from the car to open the gate when the traffic density is very high. This application good if applied at house which stand on the edge of high density traffic. This automatic gate moved by dc motor with huge torque based on how heavy the gate which made by iron or steel.
Last result that can get at this final project is The Automatic gate using DC motor with Android as an interface and Arduino Uno as microcontroller with Wifi as an connection, something that need to remember is this work implemented at the real gate not a prototype. With torque dc motor analysis and size of gear that required if this product going to the market, so that this product can be really reliable, high quality and low cost.
KEYWORD: Arduino Uno, DC motor Torque, Android, Wifly Shield

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Desain dan Implementasi Gerbang Otomatis menggunakan motor DC dengan aplikasi Android berbasis Arduino
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Mohammad Iqbal Dwicahyo
Perorangan
Muhammad Ary Murti , Bambang Dwi Kuncoro
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini