Perancangan dan Implementasi Webserver Pengendali Prepaid kWh Smartmetering

Syaiful Bahri

Informasi Dasar

1104101073
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Alat ukur pemakaian listrik KWH meter yang ada di apartemen saat ini masih menggunakan KWH meter analog, dimana untuk penggunaan jumlah KWH listrik dan biaya penggunaan akan diketahui oleh pelanggan diakhir dan menunggu pemberitahuan dari pihak apartemen. Cara seperti ini tentu saja cara tradisional dimana PLN selaku penyedia listrik sudah memiliki sistem baru dengan menggunakan token. Tetapi dari segi kenyamanan pengguna, cara ini masih terdapat kekurangan yaitu hanya berlaku untuk KWH digital dan untuk pembelian token, pengguna harus mendatangin tempat-tempat tertentu dan juga harus memasukan sendiri token kedalam KWH meter. Sehingga dibutuhkan suatu sistem yang mampu mengimplementasikan sistem seperti digital tetapi dapat diakses dengan mudah oleh pengguna dalam hal pengecekan saldo dan pengisian pulsa dapat dilakukan dimana saja dan akan mendapatkan pemberitahuan saat sisa saldo hampir habis.
Dari permasalahan tersebut dapat menjadi peluang untuk membangun suatu aplikasi yang dapat mempermudah penghuni apartemen dalam melakukan pengisian dan pengecekan pulsa listrik. Dengan aplikasi yang dibuat dengan web (untuk pelanggan dan pengelola) dan tambahan aplikasi mobile khusus untuk pelanggan yang di buat dengan PhoneGap, sehingga dapat di jalankan di multiPlatForm. Dan menyediakan fasilitas untuk dapat berinteraksi dengan pengelola. Kemudian pelanggan mampu melakukan permintaan notifikasi untuk pengingat saat pulsa sudah mencapai yang diinginkan pelanggan. Dan dengan aplikasi ini dapat di akses dimanapun dengan ketentuan device telah terhubung dengan internet.
Dari hasil pengujian fungsional dan di ujikan kepada 10 penghuni apartemen, sistem ini dapat bekerja seperti yang direncanakan. Sistem dapat memberikan akses kepada pengguna dimanapun ia berada dengan menggunakan aplikasi web ataupun mobile yang dapat berjalan dengan baik. Lalu sistem notifikasi sms kepada pengguna yang dapat jalankan dengan baik oleh sistem dan yang terakhir sistem ini mampu bekerja dengan baik pada jumlah user mencapai 327 user tapi dapat mentoleransi jumlah user sebanyak 505 user.
KATA KUNCI: Sistem Billing listrik, web, PhoneGapABSTRACT: Electricity consumption gauge in apartment still using analog KWH meter, which the consumption electricity of KWH total and consumption cost will be known by customer till the end of period when the administrator of apartment give a announcement.But this method is a traditional method, which the PLN as a electricity consumption provider has a new method for this, that is using a token. Even that is a new method from a term of user comfort, this method still have some minus. Such as, token method just can be used for digital KWH meter, and then for buying a token, the customer have to buy on current place and after buy, customer must direct Input to KWH digital for refilling pulse can be complete. So, it require a system what can implement digital KWH method to analog KWH . And then the customer can access that system ini everywhere, everytime for some transaction like check a pulse and refill pulse, and the the customer can get a notification when their pulse will reach the last pulse too.
From that problem, can be seen an opportunity for bulding a application what can make it so easy to use for apartment consumer in every transaction such as checking pulse and refilling pulse. The application which build from web ( for administrator and consumer ) and additional application for consumer which build from PhoneGap technology, so it can be installed in multiPlatForm. And providing a facility for administrator or consumer can interaction with each other. And then a consumer can request a notification to remind them when a pulse has been reached a current nominal. And this application can be access from every place from smartphone which connected from internet.
From the result of fungsional testing and demo to 10 customer apartment, this system can work well. And tjis system can give access to customer wherever and whenever via web or mobile application. And then sms notification can work well too by this system and the last this system can work until 327 user but still give a tolerance until 505 user
KEYWORD: Electricity Billing System, Web, PhoneGap

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Webserver Pengendali Prepaid kWh Smartmetering
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Syaiful Bahri
Perorangan
Asep Mulyana , Surya Michrandi Nasution
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini