IMPLEMENTASI ALGORTIMA KRIPTOGRAFI ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) DAN DIGITAL RIGHTS MANAGEMENT (DRM) UNTUK MELINDUNGI HAK CIPTA DIGITAL ARTS BERBENTUK FILE AUDIO

Trio Prayogi Marta

Informasi Dasar

1104090064
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kriptografi secara umum adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita dan ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data.
Digital Rights Management (DRM) adalah suatu sistem yang ditujukan untuk mengatasi permasalahan yang terkait dengan pengaturan akses dan distribusi materi digital yang menjamin hak dan kewajiban antara pemilik.
Dalam tugas akhir ini dibuat sebuah implementasi yang menggabungkan kriptografi dan DRM untuk file berbentuk digital audio agar file digital audio tersebut tidak dibajak atau didistribusikan secara ilegal. File audio terlebih dahulu dienkripsi lalu diunggah ke cloud lalu menggunakan mp3 player yang telah dibuat khusus agar file audio yang diunduh tidak bisa dimainkan pada mp3 player lainnya.
Algoritma AES 128 bit yang akan diimplementasikan memiliki perfomansi yang baik, hal ini dapat dilihat pada nilai Avalanche Effect yang diberikan berkisar antara 0.40 – 0.53. File audio memiliki perbedaan frekuensi saat sesudah dienkripsi dengan rata-rata perubahan frekuensi 0.24x dari frekuensi semula.
KATA KUNCI: Kriptografi, DRM, AES, File AudioABSTRACT: Generally cryptography is the science and art of maintaining the confidentiality of news and the study of mathematical techniques related to information security such as data confidentiality, data authenticity, data integrity, and authentication of data.
Digital Rights Management (DRM) is a system intended to overcome the problems associated with setting up the access and distribution of digital material which ensures rights and obligations between the owner.
In this final project is made an implementation that combines cryptography and DRM for digital audio files in order to form a digital audio file can not be pirated or distributed illegally. First audio file is encrypted and uploaded to the cloud and then use a mp3 player that has been made to the audio files that are downloaded can not be played on other mp3 player.
Algorithm AES-128 bit that implemented have a good performance, this can be seen at the given value of Avalanche Effect ranged from 0.40 to 0.53. Audio files have different frequencies while after encrypted with the average change in frequency of 0.24x original frequency.
KEYWORD: Cryptography, DRM, AES, Audio Files

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

IMPLEMENTASI ALGORTIMA KRIPTOGRAFI ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) DAN DIGITAL RIGHTS MANAGEMENT (DRM) UNTUK MELINDUNGI HAK CIPTA DIGITAL ARTS BERBENTUK FILE AUDIO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Trio Prayogi Marta
Perorangan
R. Rumani M , Surya Michrandi Nasution
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini