Legenda Sangkuriang : Game 3D Cerita Rakyat Berbasis Desktop

Gita Chandika Putri

Informasi Dasar

613101046
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan zaman memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Semua kegiatan yang dilakukan manusia setiap hari berasal dari adanya kontruksi nilai dan peradaban manusia. Namun dengan perkembangan pesat teknologi, salah satu dampak yang ditimbulkan adalah memudarnya pengetahuan tentang sejarah maupun cerita legenda. Oleh karena memudarnya pengetahuan tentang sejarah maupun cerita legenda ini, dibutuhkan cara dalam meneruskan pengetahuan budaya ke generasi muda. Salah satu cara adalah dengan mengenalkan sejarah ini dengan sesuatu yang lebih menarik yaitu dengan game Adventure.

Game Adventure ini merupakan game yang dibuat dengan tujuan mengenalkan pengguna subjek, konsep, sejarah ataupun budaya tertentu. 3D adalah teknologi grafis yang bisa menggambarkan suatu objek dalam 3 sumbu yaitu, x, y dan z. Dengan menampilkan model 3D pada game, materi yang akan ditampilkan menjadi lebih natural dan menarik. Unity merupakan sebuah sebuah tool yang terintegrasi untuk membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi. Unity bisa untuk games PC dan games Online

Pada proyek akhir kali ini, materi dari game yang diambil adalah Legenda Sangkuriang yang berasal dari Jawa Barat. Legenda Sangkuriang merupakan legenda dan sejarah yang sudah sangat melekat pada daerah Jawa Barat, Legenda Sangkuriang ini sendiri memiliki sejarah yang unik dan menarik. Game ini bertipe third person adventure. Sasaran pengguna dari game ini adalah anak-anak dengan umur 10 tahun keatas.Kata Kunci : game adventure, Jawa Barat, third person adventureABSTRACT: Time has an important role in human’s life. All of human’s activity derived from construction value and human civilization. However, the rapid development of technology has one impact that can diminish human knowledge about history and legends. Therefore, people needed a way to preserve cultural knowledge to young generations, and the way is introduce the history with something more interesting like an Adventure game.

Adventure Game is a game that created with the aim of introducing users subject, concept, or the history of a particular culture. 3D is graphics technology that could describe an object in 3-axis that is x, y and z, With 3D models, materials in this game shown to be more natural and attractive. Unity is a an integrated tool to create games, simulations and architectural buildings. Unity can created game for PC or Online.

In this Final Project we choose West Java legend, The Legend of Sangkuriang because The legend of Sangkuriang has a unique history. And the type of this game is a third person adventure. Target users of this game are children aged 10 years or older.Keyword: West Java, Advanture Game, Third person adventure

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Legenda Sangkuriang : Game 3D Cerita Rakyat Berbasis Desktop
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Gita Chandika Putri
Perorangan
Tjokorda Agung Budi Wirayuda, Leonardi.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini