aplikasi pengenalan aksara lampung pada teknologi berbasis touchscreen

putria febriana

Informasi Dasar

613091014
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Salah satu kebudayaan yang ada di Indonesia adalah aksara Lampung, aksara ini sudah sejak lama di temukan. Namun, hanya segelintir masyarakat yang mengetahui aksara Lampung. Diperlukan adanya pembelajaran aksara Lampung ke anak – anak Bangsa, agar kelestarian kebudayaan aksara ini terus mengalir. Salah satunya ialah adanya aplikasi pengenalan aksara Lampung.Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa Java, yang di implementasikan pada perangkat berbasis Android, aplikasi ini sengaja di buat dengan menggunakan metode pembelajaran example, dimana pengguna bisa berlajar aksara Lampung dengan baik dan benar melalui contoh dari metode tersebut.
Hasil dari aplikasi ini ialah, pengguna bisa menggunakan aplikasi ini sebagai salah satu media pembelajaran aksara Lampung secara langsung dengan menggunakan media tangan sebagai perantara inputan kedalam sistem. Dengan mekanisme inputan seperti itu, atau yang biasa dikenal dengan touchscreen, pengguna bisa merasakan secara langsung efek belajar menulis seperti dalam dunia nyata. Selain itu, dari hasil kuisioner yang diambil terhadap 15 koresponden untuk menguji aplikasi ini, 100% menyatakan bahwa aplikasi ini bisa digunakan sebagai media pembelajaran membaca dan menulis aksara Lampung yang mana, 93% bukan berasal dari Lampung dan 7% berasal dari Lampung.

Aplikasi ini di buat dengan menggunakan pengenalan pola yang bisa di dapatkan dari Google Api Gesture, dengan mekanisme ini, aplikasi dengan mudah mencocokkan pola yang dimasukkan pengguna dengan yang di sistem. Sehingga, keakuratan aplikasi bisa terjamin dengan baik dan benar.Kata Kunci : Aksara Lampung,Android,Touchscreen,Media PembelajaranABSTRACT: Todays, preservation of cultures in Indonesia, is important. Indonesia is a nation that have a great nation which consist of various tribes, and they are have their culture each other. This culture must be maintained until hereditary.
One of the culture in Indonesia is Lampung script, this script has been found for many years ago. However, only a little of people know about Lampung script. This is important to introduce Lampung script to children nations to make cultural literacy to be continued.

In order to preservation of cultural literacy Lampung script to be better, it must take an application that can be introduced Lampung script to the community as well as they can medium learning, not by hard. In addition, it also required a functionality that can read and write the Lampung script. So that, the preservation of culture in Indonesia, actually in Lampung script, can be maintained properly.Keyword: : Lampung script,Lampung

Subjek

Otomation
 

Katalog

aplikasi pengenalan aksara lampung pada teknologi berbasis touchscreen
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

putria febriana
Perorangan
Retno Novi Dayawati, Mahmud Dwi Suliiyo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini