Aplikasi Pengelolaan Day Care Di Day Care Mata Hati Berbasis Web

Syifa Luthfi Fatharani

Informasi Dasar

613091001
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Day care adalah sarana pengasuhan anak dalam kelompok, biasanya dilaksanakan pada saat jam kerja. Day care merupakan upaya yang terorganisasi untuk mengasuh anak-anak di luar rumah mereka selama beberapa jam dalam satu hari. Day care hanya sebagai pelengkap terhadap asuhan orang tua dan bukan sebgai pengganti asuhan orangtua.

Day Care Mata Hati adalah salah satu day care yang berada di daerah Bandung. Sebelum seorang anak dititipkan di day care mata hati, orang tua akan melalui sebuah proses registrasi untuk mendaftarkan anaknya. Hal ini perlu dilakukan pihak day care untuk mencatat data orang tua dan data anak yang dititipkan di day care. Anak akan dititipkan di day care selama orang tua anak tersebut bekerja. Pihak day care akan mencatat kehadiran anak yang dititipkan di day care.

Anak yang berada di day care tidak hanya dititipkan, melainkan dididik dan diperhatikan perkembangannya. Anak yang dititipkan di day care dididik melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pihak day care. Perkembangan anak di day care diperhatikan dengan adanya pemeriksaan dari psikolog, perawat, dan dokter. Pihak day care mencatat data kegiatan anak dan perkembangan anak yang nantinya akan dilaporkan kepada orang tua.

Pihak day care menyediakan seseorang atau beberapa orang yang bertugas untuk menjaga dan mendidik anak yang dititipkan di day care. Kepala day care akan mengatur jadwal pengasuh yang akan mengasuh setiap harinya dan mengatur jumlah anak yang harus dijaga oleh pengasuh tersebut. Sistem pencatatan di day care ini masih dilakukan secara manual.

Proyek akhir ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat mengelola dan mencatat data registrasi, data kehadiran anak, data kegiatan anak, dan data perkembangan anak yang diharapkan dapat merekap data monitoring anak. Aplikasi ini juga digunakan untuk mencatat data jadwal dan data kehadiran pengasuh yang diharapkan agar dapat merekap data penggajian. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk pencatatan data inventori, data konsumsi, dan data operasional untuk merekap data keuangan. Aplikasi ini diharapkan dapat mengotomasi proses pencatatan di day care mata hati. Pembuatan proyek akhir ini dibangun dengan bahasa pemrograman HTML dan PHP dengan bantuan Macromedia Dreamweaver, Notepad++ dan Microsoft Visio 2007 untuk pemodelan sistemnya, sedangkan basis datanya menggunakan database MySQL.

Kata Kunci : Day care, HTML, PHP, MySQL.ABSTRACT: Day Care is the child care facility that carried out during working hours. Day Care is an organized effort to take care of children outside of their homes for several hours in a day. Day care only as parenting care supplement and not as surrogate parenting.

Mata Hati Day Care is one of day care located in Bandung region. Before a child entrusted at the Mata Hati day care, parents will be a going through a registration process. The day care to do this to record the parents data and the child data that entrusted at day care. Children will be entrusted in day care during the child’s parents working. The day care staff noted the presence of child that entusted in day care.

Children who are in day are not only entrusted, but they are educated and outgrowth of children considered. they are taught through activities that organized by day care. Outgrowth of children in day care considered by the examination of psychologists, nurses, and a doctor. The day care staff noted the children activities data and the children outgrowth activities which will be reported to parents.

Day Care provides a person or persons that work to maintain and educate children. Headmaster of day care will arrange nany schedule and set the number of children that must be maintained by nany. Recording system at the care still done manually.

The final project purposed to create an appplication that can manage and record the registration data, the presence of children data, children activities data, and children outgrowth data. The application is also used to record the nany schedule data, the presence of nany data that be expected to record payroll data.Further, this application is also used to record the inventory data, consumption data and operasional data that be expected to record finance data, This application is expected to automate the processing of recording data in Day Care Mata Hati. It will be required HTML and PHP programming language with additional from Macromedia Dreamweaver, Notepad++ and Microsoft Visio 2007 for system modeling. where as for the database using MySQL .

Keyword: Day Care, HTML, PHP, and MySQL.

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Aplikasi Pengelolaan Day Care Di Day Care Mata Hati Berbasis Web
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Syifa Luthfi Fatharani
Perorangan
Sri Suryani, Febryanti hevanie
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini