Aplikasi Pengelolaan Inventaris Barang DKMSU Berbasis Web

Wahyu Hidayatulloh

Informasi Dasar

613090037
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Inventarisasi barang merupakan kegiatan untuk melakukan pencatatan data barang milik suatu instansi atau organisasi pada suatu periode tertentu. Salah satu instansi yang melakukan inventarisasi barang adalah Dewan Kemakmuran Masjid Syamsul Ulum (DKMSU) IT Telkom. Barang inventaris tersebut mengalami berbagai proses yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah, lokasi, dan kondisi barang. Proses yang terjadi adalah proses penerimaan barang, pencatatan, peminjaman, pengembalian, perbaikan, pemeliharaan, penghapusan, pengadaan, dan laporan inventaris. Proses-proses yang terjadi saat ini masih dicatat secara manual oleh petugas DKMSU, dan terdapat beberapa proses yang tidak tercatat. Hal ini mengakibatkan kesulitan dalam mencari data barang yang diinginkan. Selain terdapat proses yang tidak tercatat, juga terdapat data barang yang disimpan tidak terstruktur. Penyimpanan data yang tidak terstruktur mengakibatkan kesulitan dalam membuat laporan barang dan kesulitan dalam memeriksa kondisi barang inventaris.

Pencatatan adalah suatu hal yang sangat penting dalam proses inventarisasi karena hal itu berkaitan dengan keakuratan dari data inventarisasi tersebut. Akan tetapi, apabila hal tersebut dilakukan secara manual, data tersebut memiliki tingkatan keakuratan yang kecil, karena datanya yang tidak terpusat, sehingga proses pencarian data untuk kepentingan inventaris dan peminjaman atau hanya sebatas kepentingan pengecekan data akan susah dilakukan dan memakan waktu yang lama.

Pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk memusatkan data yang tidak terpusat menjadi data yang terpusat dan sistematis dalam serangkaian proses yang terjadi dalam perputaran data inventarisasi yang ada dalam DKMSU IT Telkom, sehingga DKMSU IT Telkom dapat mengelola data barang lebih baik.

Kata Kunci : Inventarisasi, DKMSU, barang, pencatatan, IT TelkomABSTRACT: Inventory of items is an activity to record the data property of an agency or organization in a given period.One of the agencies that do an inventory item is Prosperity Council of Masjid Syamsul Ulum (DKMSU) IT Telkom. Inventory is experiencing a variety of processes that result in changes in the number, location, and condition of the items. The process that occurs is the process of receiving the items, notes, loans, refund, repair, removal, maintenance, removal, and inventory reports. Processes that are occur at this time still recorded manually by the DKMSU officer, and there are some processes that are not listed. This has led to difficulty in finding the desired data items. Besides, there is process that is not listed, there is also unstructure stored data items. unstructered storage data lead to difficulties in making the report of items and trouble in checking the condition of inventory items.

Logging is a very important thing in inventory process because it is relates to accuracy of inventory data. However, if it is done manually, Data has a small level of accuracy, that is because of the data is not centralized, so the process of collecting data for the purpose of inventory and borrowing or only to the extent importance of checking data will be hard to do and takes a long time.

The development of this application aims to centralized data from not centralized data to a centralized data and systematically in a series of processes that occur within the existing cycle inventory data in DKMSU IT Telkom, so DKMSU IT Telkom can better manage data items.

Keyword: Inventarisasi, DKMSU, barang, pencatatan, IT Telkom

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Aplikasi Pengelolaan Inventaris Barang DKMSU Berbasis Web
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Wahyu Hidayatulloh
Perorangan
Setyorini, Dawam Dwi Jatmiko
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini