Aplikasi Game Tower Defense ’Negeri Menara Emas’

Jeri Pradita

Informasi Dasar

613090021
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Tower Defense adalah salah satu genre dari video games. Tujuan dari games bergenre tower defense adalah untuk menghentikan musuh yang akan menyebrangi map dengan membangun berbagai macam menara pertahanan atau penyerang dan bertahan pada jangka waktu tertentu. Biasanya musuh dan menara memiliki berbagai macam kegunaan, harga, dan juga harga yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan menara. Ketika musuh berhasil dikalahkan, pemain akan mendapatkan uang atau poin yang dapat digunakan meningkatkan kemampuan menara pertahanan. Pemilihan dan peletakan menara pertahanan merupakan strategi mendasar dari permainan ini.
Sebagai salah satu media permainan interaktif yang banyak digemari, video games telah menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari khalayak banyak. Hingga saat ini video games masih menjadi salah satu pilihan utama sebagai media hiburan yang terjangkau, meriah, massal, menyenangkan dan mendidik. Bersamaan dengan pesatnya perkembangan teknologi, video games kini tidak hanya menjadi media hiburan yang interaktif namun juga sebagai media edukasi yang mendidik sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya. Game-game dengan nilai edukasi pada dasarnya memang didesain secara eksplisit untuk tujuan pendidikan, namun banyak juga yang hanya menyisipkan nilai-nilai edukasi ke dalam game.
Dari dasar pemikiran di atas, maka dibangunlah “Aplikasi Game Tower Defense „Negeri Menara Emas‟”. “Aplikasi Game Tower Defense „Negeri Menara Emas‟” sendiri adalah sebuah game berbasis desktop yang bergenre tower defense. Yang membedakan game ini dengan game bergenre tower defense lainnya adalah nuansa budaya dan sejarah Indonesia yang disisipkan dalam game ini. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada, terutama game technology, diharapkan “Aplikasi Game Tower Defense „Negeri Menara Emas‟” ini dapat memberikan nilai edukasi yaitu mengenalkan bagaimana alur beberapa pergerakan kemerdekaan di Indonesia.
Kata Kunci : Tower Defense, video games, aplikasi games, games technologyABSTRACT: Tower Defense is one of a genre of video games. The purpose of tower defense games is to try to stop the enemy from crossing the map by building towers and to survive at certain period of a time. Enemies and towers usually have varied abilities, prices, and also a price that necessary to improve the ability of the tower. When an enemy is defeated, the player will earn money or points that can be used to buy or improve the ability of the tower. The choices and placement of the towers is a fundamental strategy for this game.
As a one of interactive game media, video games has becomes part of many people daily life. Till now, video games still become one of the main option as an entertainment media that‟s affordable, festive, mass, fun and educational. Along with the rapid development of technology, video games aren‟t just a media for interactive entertainment but also as an educational media as previously mentioned. Games with educational values essentially are designed for educational purpose, but also many of them just giving a simple educational value into the game.
From the reason that mentioned above, thus shall be built “Tower Defenese Games Application „Negeri Menara Emas‟”. “Tower Defenese Games Application „Negeri Menara Emas‟” itself is a desktop-based tower defense games. The distinguish things from this game with the other tower defense games is the feel of culture and history of Indonesia in this game. Along with rapid developtment of technology, especially game technology, we are hoping that “Tower Defenese Games Application „Negeri Menara Emas‟” could provide educational value of independence movements in Indonesia.
Keyword: Tower Defense, Video Game, Game Application, Game Technology

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Aplikasi Game Tower Defense ’Negeri Menara Emas’
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Jeri Pradita
Perorangan
Bambang Pudjoatmodjo, Alfian Akbar Gozali
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini