IT Telkom News Map Aplikasi Pengumpul Berita Lokal IT Telkom berbasis Web

Sakti Dwi Cahyono

Informasi Dasar

613081029
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Institut Teknologi Telkom terdiri dari beberapa komponen organisasi untuk menjalankan aktivitasnya. Dalam kegiatan sehari-hari komponen ini saling bertukar informasi satu dengan yang lain. Penyampaian informasi biasanya dilakukan dengan menggunakan poster atau pengumuman yang ditempel di mading, brosur, maupun menggunakan SMS. Untuk informasi yang bersifat publik atau berita, penyampaian dengan cara seperti ini mempunyai kelemahan yaitu ada kemungkinan berita tidak tersampaikan kepada yang membutuhkan.

Memanfaatkan infrastruktur jaringan komputer yang ada di IT Telkom dapat dibuat aplikasi berbasis web untuk menampung berita lokal yang ada. Aplikasi ini akan membangun komunitas yang menginputkan berita dan menilainya. Untuk menjadi bagian komunitas ini pengguna harus mendaftarkan diri. Komunitas ini yang menentukan kategori, mengkomentari, dan menilai berita yang ada. Data berita yang disimpan oleh aplikasi ini dapat disertai dengan lokasi berita. Lokasi ini direpresentasikan sebagai titik di peta kampus IT Telkom.

Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan web framework Django, PostgreSQL untuk basisdata dengan ekstensi Postgis untuk menangani data spatial, dan OpenLayers untuk menampilkan peta pada halaman web. Aplikasi ini dapat menyajikan daftar berita yang sudah dikelompokkan sesuai dengan kriteria yang diinginkan.Kata Kunci : Berita, Django, GIS, Sistem ReputasiABSTRACT: Telkom Institute of Technology consists of several components of the organization to run its activities. In the daily activities of these components exchange information with one another. Submission of information is usually done by using posters or announcements posted in board, brochures, or using SMS. For a public information or news, the delivery in this way has the disadvantage that there is a possibility the news was not delivered to those who need.

Utilizing the existing computer network infrastructure in IT Telkom can be made web-based applications to accommodate existing local news. This application will build community to input and evaluate news. To be part of this community users must register. This community that determines the category, commenting, and assess the existing news. News data stored by this application may be accompanied by news location. This location is represented as dots on a map of campus IT Telkom.

Application is made by using the Django web framework, PostgreSQL for the database with PostGIS extensions to handle spatial data, and OpenLayers to display maps in web pages. This application can present the list of news that have been grouped according to desired criteria.Keyword: News, Django, GIS, Reputation System

Subjek

SOFTWARE ENGINEERING
 

Katalog

IT Telkom News Map Aplikasi Pengumpul Berita Lokal IT Telkom berbasis Web
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sakti Dwi Cahyono
Perorangan
Hetti Hidayati, Bedy Purnama
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini