Aplikasi Pendataan Penduduk Berbasis Web Studi Kasus : Kecamatan Bandung Kidul Provinsi Jawa Barat

Lingga Alfa Wibiksono

Informasi Dasar

613081026
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Pendataan penduduk merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pemerintah untuk memantau kondisi demografi penduduk.Data penduduk ini kemudian digunakan sebagai acuan penentuan infrastruktur dan kebutuhan penduduk. Pendataan penduduk dilakukan diberbagai tingkat pemerintahan mulai dari tingkat lingkungan, kelurahan atau desa, kecamatan, dan provinsi. Pendataan penduduk, khususnya di Kecamatan Bandung Kidul saat ini masih menggunakan berkas - berkas yang tersimpan dalam arsip.Permasalahan yang muncul seiring penggunaan metode ini adalah penyimpanan data bersifat statis dan data sering hilang sehingga menimbulkan redudansi data. Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi yang mampu mendukung pendataan penduduk.

Perancangan sistem aplikasi mengacu pada bisnis proses pendataan penduduk pada tingkat kecamatan ini dimulai dari kegiatan analisis permasalahan, perancangan system menggunakan UML untuk dokumentasi, spesifikasi, dan model sistem, perancangan user interface hingga testing. Pembuatan aplikasi ini menggunakan model proses waterfall dengan bahasa pemrogaman CodeIgniter dan database MySQL.

Aplikasi Pendataan Penduduk ini mampu memanipulasi dan menampilkan informasi yang terkait dengan penduduk, meliputi pengelolaan penduduk tetap dan keluarga, pengelolaan penduduk sementara, dan pengelolaan mutasi penduduk.Kata Kunci : Pendataan, Penduduk, KecamatanABSTRACT: Resident collector is a routine activity that goverment done to monitor demography conditition of resident. This resident file used as reference infrastructure decision and resident necessary. Resident collector is done in every goverment level, from village, subdistric, until province.Currently,resident collector, especially in “Bandung Kidul” subdistric stil using sheaf that seved in archieve. The problem that emerge while using this method is data saving still static and be lost often so make data redudantion. Therefore, needed application that can support resident collector.

Design of application system refer in process business resident collector in this subdistric level start from trouble analysis activity, design of system using UML to documentation, specification, and systm model, design of user interface until testing. This application making using waterfall process model with CodeIgniter proramming language and MySQL database.

This resident collector application can manipulate dan show infomation that refered with resident, include steady resident and family excuting, temporary resident excuting, and mutation resident excuting.Keyword: Collector, Resident, District

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Aplikasi Pendataan Penduduk Berbasis Web Studi Kasus : Kecamatan Bandung Kidul Provinsi Jawa Barat
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Lingga Alfa Wibiksono
Perorangan
Kiki Maulana, Siti Saadah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini