Aplikasi Pembuatan Laporan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus SDN 2 Wlahar Kulon)

Indra Firdaus

Informasi Dasar

613080007
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Penulisan Laporan Hasil Belajar Siswa (LHBS) saat ini masih bersifat manual yaitu dengan melakukan perhitungan nilai akhir dengan teknik menghafal atau kalkulator yang masih memungkinkan terjadi kesalahan.Ketiadaan rekap nilai siswa yang telah lulus maupun pindahmembutuhkan waktu yang lama untuk memohon berkas nilai. Tidak adanya pelaporan tingkat perolehan nilai juga menyebabkan guru tidak dapat mengontrol dan memperbaiki metode pelaksanaan belajar mengajar. Kondisi ini membutuhkan aplikasi yang terintegrasi dengan basis data yang mampu menyimpan dan mengolah nilai siswa hingga menjadi LHBS dengan tingkat validitas yang tinggi.

Solusi dari permasalahan tersebut adalah dibangunnya Aplikasi Pembuatan Laporan Hasil Belajar Siswa. Aplikasi ini dimaksudkan untuk menjadi solusi dari kekurangan yang saat ini ada dalam hal pelaporan hasil belajar siswa. Dengan aplikasi ini diharapkan kinerja wali kelas dalam membuat LHBS dapat menjadi lebih baik dari pada dengan metode sebelumnya, dan wali kelas dapat mengontrol kualitas belajar mengajar dan dapat memperbaiki sistem belajar mengajarnya.

Aplikasi ini dibangun menggunakan metode Waterfall dan diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP dengan bantuan framework CodeIgniter dan PHPExcel serta pChart dan menggunakan database MySQL dan perangkat lunak pendukung lainnya.
Kata Kunci : web, waterfall, PHP, MySQLABSTRACT: Process of writing Student‟s Progression Report in current still in manual condition that still counting the last result using calculator or with thinking that make possible in human error. The unexistence backup of report needs more time to get this report. The unexistence report of grade result also cause the teachers could not improve the method teaching. This condition need an database-integrated application that capable to save and process the student‟s result to become Student‟s Progression Report within high grade valid.

The solution of this problem is bulding an Student‟s Progression Report Builder Aplication. This application be intended to become the solution of current shortage in case reporting student‟s progression report. With this application expected can improve the student‟s leader performance when make student‟s progression reports, and students leader also can control the quality of teaching and can improve the teaching system.

This application build using Waterfall method and implemented with PHP language programming with helps of framework CodeIgniter, PHPExcel and also pChart and using MySQL to be a Database Management System and other software support.
Keyword: web, waterfall, PHP, MySQL

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Aplikasi Pembuatan Laporan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus SDN 2 Wlahar Kulon)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Indra Firdaus
Perorangan
Ema Rachmawati, Dini Rachmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini