Aplikasi Peta Tingkat Kriminalitas Kepolisian Sektor Dayeuhkolot Dengan Menggunakan MapInfo

Ikhwana Fath

Informasi Dasar

613071002
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Satuan Reskrim Polsek Dayeuhkolot merupakan sebuah unit di Kepolisian Sektor Dayeuhkolot yang menangani tindak kriminal yang terjadi pada 6 desa yang tersebar di kecamatan Dayeuhkolot, yakni Desa Cangkuang Kulon, Desa Cangkuang Wetan, Kelurahan Pasawahan , Desa Sukapura, Desa Citereup, dan Desa Dayeuhkolot. Unit Reskrim Polsek Dayeuhkolot kemudian sebagai sarana tempat laporan polisi dibuat yang berasal dari masyarakat.


GIS merupakan sistem yang terdiri dari data spatial atau grafis data tekstual yang bertujuan menyajikan informasi geografi yang meliputi object-object yang ada di permukaan dan di dalam bumi yang disajikan sesuai dengan kebutuhan pengguna

Berdasarkan gambaran diatas maka dibangunlah suatu Aplikasi Peta Tingkat Kriminalitas Kepolisian Sektor Dayeuhkolot dengan Menggunakan Mapinfo. Dalam hal ini pembuatan sistem berkaitan dengan Sistem Informasi Pengelolaan Laporan Penyidikan Unit Reskrim yang menangani inputan berupa laporan polisi yang akan digunakan untuk konversi ke peta berupa Web Map Service (WMS) yang diimplementasikan di aplikasi GIS yang dibangun.

Sistem yang dihasilkan akan digunakan oleh pihak Kepolisian Sektor Dayeuhkolot sebagai alat bantu untuk menentukan tindak kriminalitas yang paling tinggi disuatu wilayah, sehingga menambah informasi untuk anggota polisi yang akan melakukan shift jaga pos.

Sistem ini dibangun dengan menggunakan MapInfo Professional 8.5 SCP sebagai basis data spasial, mapserver sebagai service untuk menampilkan data spasial dari MapInfo dan pengaturan user interface.

Kata Kunci : Pemetaan, petaABSTRACT: Sector Police Criminal Investigation Unit Dayeuhkolot is a unit in the Dayeuhkolot Sector Police wich handles crimes that occurred in 6 villages scattered in the district Dayeuhkolot, such as Cangkuang Kulon Village, Cangkuang Wetan Village, Pasawahan Village, Sukapura Village, Citereup Village, and Dayeuhkolot Village. Sector Police Criminal Investigation Unit Dayeuhkolot as a means where a police report made from the community.

GIS is a system consisting of spatial data textual or graphical data that aims to present geographic information including the objects that exist on the surface and under the earth, which is presented in accordance with user needs.

Based on the picture above, then built a Crime Rate Map Application Dayeuhkolot Sector Police using MapInfo. In this case, the system making related to the Management Information System Reports Criminal Investigation Unit that handles input in the form of a police report which will be used for conversion into a map of the Web Map Service (WMS) that implemented in GIS applications are built.

The resulting system will be used by the Dayeuhkolot Sector Police as a tool to determine the highest acts of criminality of a region, so that adds information to the police members who wil perform shift duty post.

The system is built with using MapInfo Professional 8.5 SCP as a spatial database editor, Mapserver as a service for displaying spatial data from MapInfo and user interface settings.

Keyword: mapping, maps

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Aplikasi Peta Tingkat Kriminalitas Kepolisian Sektor Dayeuhkolot Dengan Menggunakan MapInfo
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ikhwana Fath
Perorangan
Hetti Hidayati, Bambang Pudjoatmodjo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini