APLIKASI GIS UNTUK PEMETAAN LAHAN PERKEBUNAN DI PG POERWODADIE MAGETAN

Nurfika Esti Rahmawati

Informasi Dasar

613060042
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Pabrik Gula Poerwadadie didirikan oleh Pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1832 yang saat itu bernama “Nederlande Hender Maatschapir” (NHM) dan berlokasi di Desa Pelem, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, Karisidenan Madiun, Propinsi Jawa Timur. PTP Nusantara XI (Persero) dipimpin oleh Direksi yang berkedudukan di jalan Merak No.1 Surabaya. PG Poerwodadie mempunyai areal lahan perkebunan yang tersebar di wilayah karisidenan Madiun.
GIS merupakan sistem yang terdiri dari data spatial atau grafis data tekstual yang bertujuan menyajikan informasi geografi yang meliputi object-object yang ada di permukaan dan di dalam bumi yang disajikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Berdasarkan gambaran diatas maka dibangunlah suatu Aplikasi GIS Untuk Pemetaan Lahan Perkebunan Tebu di PG Poerwodadie Magetan. Dalam hal ini pembuatan sistem melibatkan pihak PG Poerwodadie Magetan sebagai user serta penyedia data dan informasi yang dibutuhkan dalam pembangunan sistem.
Sistem yang dihasilkan akan digunakan oleh pihak PG Poerwodadie Magetan sebagai alat bantu dalam penyajian data serta mempermudah pimpinan perusahaan dalam memonitoring region atau areal yang dimiliki oleh perusahaan.
Sistem ini dibangun dengan menggunakan MapInfo Profesional 9.0 sebagai basis data spatial, Borland Delphi 7.0 sebagai user interface.Kata Kunci : aplikasi GIS, pemetaan lahan, PG poerwodadie magetanABSTRACT: Pabrik Gula (PG) Poerwodadie is a factory that produces sugar. PG Poerwodadie was founded by "Hindia Belanda" Government in 1832 that named Nederland Hender Maarschapir (NHM) and located at Pelem Village, Karangrejo Sub-District, Magetan District, East Java Province. But on February, 14 th 1996. PTPN Nusantara XI was lead by Board that is located in Merak, 1st Surabaya. PG Poerwodadie’s farm area is spread along Madiun Residency.
Geographic Information System consists of spatial and textual data in which it’s purpose to present geographic information that cover objects on the surface and inside of the earth. Representation of this system according to user needed.
According to explanation above, so built up Application of GIS for Mapping of Sugarcane Plantations in PG Poerwodadie Magetan. Development system involve PG Poerwodadie Magetan as user and also data provider in which is needed on development system
This GIS carthograph application is expected to help representing of data and simplify the factory to monitore the region of company.
This application is based on desktop that build using Mapinfo Professional 9.0, Borland Delphi 7.0, Ms. Access 2003.Keyword: GIS of application, mapping area, PG poerwodadie magetan

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

APLIKASI GIS UNTUK PEMETAAN LAHAN PERKEBUNAN DI PG POERWODADIE MAGETAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nurfika Esti Rahmawati
Perorangan
Tjokorda Agung Budi Wirayuda, Hetti Hidayati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini