E-LEARNING ALGORITMA UNTUK MEMBANTU MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DI IT TELKOM BERBASIS INTRANET

Ferry Augustian Siregar

Informasi Dasar

613060005
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: E-Learning merupakan sebuah metode pembelajaran dimana para siswanya tidak bertemu dengan gurunya secara langsung dan siswanya sendiri menggunakan media elektronik untuk melakukan proses pembelajaran. Pada saat ini, E-Learning memiliki dua konsep utama. Pertama adalah knowledge management yang berarti para siswa mendapatkan materi-materi pembelajaran melalui E-Learning. Yang kedua adalah on-line training yang berarti para siswa melakukan latihan-latihan untuk mengetahui sejauh mana mereka telah memahami materi-materi yang ada pada E-Learning.
Algoritma dan Pemrograman merupakan sebuah matakuliah tingkat dasar pada program D3 Teknik Informatika di Institut Teknologi Telkom. Di matakuliah ini , para mahasiswa D3 Teknik Informatika akan belajar tentang dasar-dasar algoritma pada pemrograman dengan menggunakan bahasa algoritma dan bahasa pascal. Algoritma sendiri adalah sebuah hal yang sangat penting pada jurusan Teknik Informatika karena algoritma merupakan dasar dari semua pemrograman baik untuk pemrograman aplikasi, pemrograman database, pemrograman jaringan maupun yang lainnya. Namun, banyak mahasiswa yang kesulitan untuk memahami algoritma ketika belajar dari buku ataupun ketika mengikuti kuliah di kelas. Hal ini dikarenakan sulitnya mahasiswa untuk membayangkan jalannya algoritma yang ada.
Oleh karena itu, Proyek Akhir yang berjudul E-Learning Algoritma untuk Membantu Matakuliah Algoritma dan Pemrograman di IT Telkom berbasis intranet ini dibuat untuk membantu mengurangi kendala di atas. Dengan adanya sebuah E-Learning algoritma di jaringan lokal IT Telkom, para mahasiswa Teknik Informatika dapat bertanya secara leluasa melalui forum yang terdapat pada E-Learning ini dan melakukan latihan-latihan untuk mengetahui sejauh mana mereka telah memahami matakuliah Algoritma dan Pemrograman. Para mahasiswa juga dapat mendapatkan gambaran jalannya program-program dasar karena program-program dasar di e-learning ini dapat digambarkan melalui flash.
Proyek Akhir ini dibuat menggunakan metode waterfall diimplentasikan dengan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan Database MySQL serta software pendukung lainnya.
Kata Kunci : e-learning algoritma, PHP, intranetABSTRACT: E-Learning is a method of learning where the students does not meet with the teacher directly and the students themselves using electronic media to make the learning process. At this time, E-Learning has two main concepts. First is knowledge management, which means students get the learning materials through E-Learning. And the second is on-line training, which means students do exercises to know how far they understood materials in the E-learning.
learning. Algorithm and Programming is a course for basic level programs in D3 Informatics Engineering Institute Technology of Telkom. In this course, D3 Informatics Engineering students will learn about the basics of the algorithm in programming using algorithm language and pascal language programming. Algorithm itself is a very important matter on Teknik Informatika because the algorithm is the basic of all programming, both for application programming, database programming, network programming,etc. However, many students are having difficulties to understand the algorithms when learning from books or lectures during the class. It is because the students have difficulty to imagine the way the algorithm.
Therefore , final project entitled Intranet-Based E-Learning Algorithm For Helping Algorithm And Programming Course In Institute Technology of Telkom made to help reducing that problem. With an E-Learning algorithm in the local network Institute Technology of Telkom, Informatics Engineering students can freely ask questions through the forum on this ELearning and doing exercises to determine how far they understood algorithms and Programming course. Students can also get a description of the way basic programs because each basic programs can be described with flash.
This final project was made using waterfall method and implemented with PHP programming language using mysql database and others supporting software.
Keyword: e-learning algorithm, PHP, intranet

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

E-LEARNING ALGORITMA UNTUK MEMBANTU MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DI IT TELKOM BERBASIS INTRANET
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ferry Augustian Siregar
Perorangan
Yanuar Firdaus A.W., Hetti Hidayati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini