Aplikasi Pembelajaran Taktik Permainan Bola Basket Berbasis Multimedia

Feddy Dea Reskyadita

Informasi Dasar

613051020
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Bola basket merupakan permainan tim dan salah satu cabang olah raga yang kini makin banyak menarik peminat, khususnya di Indonesia. Setiap tim, yang terdiri dari lima pemain inti dan beberapa pemain cadangan, harus menguasai dasar-dasar bermain bola basket dengan baik dan benar. Kemudian, untuk mendapatkan permainan yang baik dalam suatu pertandingan bola basket, maka setiap tim harus mempelajari taktik ataupun strategi pada saat permainan berlangsung. Hal ini penting untuk dipelajari agar sebuah tim bola basket dapat bermain baik dan dapat mengalahkan tim lain yang menjadi lawannya pada sebuah pertandingan.
Untuk menyelesaikan aplikasi ini, dibutuhkan beberapa perangkat lunak. Diantaranya adalah authoring tool Adobe Flash dengan action script sebagai authoring language dan beberapa software pendukung seperti adobe photoshop, Agree Free AVI WMV to FLV MP4 MPEG MOV Converter dan adobe audition 2.0. Penyimpanan content materinya berada di file XML dan penyimpanan user pada file berekstensi SOL.
Aplikasi ini memiliki beberapa fungsionalitas untuk mendukung sistem pembelajaran yang berbasiskan multimedia. Diantaranya adalah mampu menampilkan aspek-aspek multimedia, seperti animasi, text, suara, video dan lain-lain, untuk mempermudah pengguna untuk mempelajari materi yang disuguhkan, dalam hal ini taktik bermain basket. Selain itu aplikasi ini juga dapat memberikan evaluasi terhadap materi yang telah dipelajari, dalam bentuk soal dan hasil quiz, dan menyimpannya.
Kata Kunci : Taktik Bola Basket, Multimedia, Aplikasi pembelajaran, AuthoringABSTRACT: Basket ball is the one of the most favorite sport especially in Indonesia. Every team has five players. Each player in every team, including the substitution players, must know the basics of the basket ball well. After that, to make a good game and become a winning team, they must know what kind of tactic should be used in every game. This is important to be learned, so they could beat the opposite team and win the mach.
To finish this application, some software was needed. Such as Adobe Flash CS3 authoring tool with action script as an authoring language and other softwares such as Adobe Photoshop, Agree Free AVI WMV to FLV MP4 MPEG MOV Converter, and Sound Edit Pro. The contents are saved as XML and user data are saved as sol file.
This application project has some function to help this multimedia based learning system. It can show the multimedia aspects, such as animation, text, sound, video, etc, to make user learn the content easily, in this case is basketball tactics. Besides, it can evaluate the user knowledge about the tactics by some quizes and keep the result.

Keyword: Basketball Tactic, Multimedia, learning Application, Authoring Tool,

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Aplikasi Pembelajaran Taktik Permainan Bola Basket Berbasis Multimedia
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Feddy Dea Reskyadita
Perorangan
Retno Novi Dayawati, Tjokorda Agung Budi Wirayuda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini