SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN PROGRAM STUDI MASUK PERGURUAN TINGGI DENGAN METODE AHP

Widy Krisna Yusditia

Informasi Dasar

613050054
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Masa penentuan pemilihan Program Studi masuk Perguruan Tinggi merupakan salah satu periode penting dalam kehidupan seseorang. Pemilihan ini akan berpengaruh pada kehidupan seseorang di masa yang akan datang.
Di Indonesia sendiri, khususnya di pulau Jawa banyak sekali Perguruan Tinggi dengan berbagai pilihan Program Studi. Hal ini akan sangat membingungkan untuk memilih Perguruan Tinggi mana yang akan dipilih. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan agar Perguruan Tinggi dan Program Studi yang diambil benar-benar cocok, jangan sampai salah dalam memilih Perguruan Tinggi dan Program Studi. Akibatnya akan sangat merugikan jika salah dalam memilih.
Oleh karena itu diperlukan suatu aplikasi yang dapat membantu memilih Perguruan Tinggi dan Program Studi terbaik di antara kriteria-kriteria pengambilan keputusan yang telah ditentukan. Aplikasi yang telah ada sebelumnya hanya membantu dalam pemilihan Program Studi saja, tidak termasuk pemilihan Perguruan Tinggi yang tepat sesuai keinginan calon mahasiswa. Aplikasi yang nantinya akan dikembangkan adalah suatu Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan (Decision Support System) dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang dapat digunakan sebagai media pendukung pengambilan keputusan untuk menentukan Perguruan Tinggi dan Program Studi yang akan diambil. Proyek akhir ini khusus bertujuan dalam pembuatan aplikasi sistem pendukung pengambilan keputusan penentuan pemilihan Perguruan Tinggi dan Program Studi yang ada di pulau Jawa.Kata Kunci : aplikasi, Program Studi, Perguruan Tinggi, Sistem PendukungABSTRACT: A period for selection program study incoming a college representing one of important period in somebody life. This selection will influence to someone life in the future.
In Indonesia especially in Java Island, there are alot of college with various choice of study program. Sometimes it makes confuse to chosen the Study Program which will be taken. There are a lot of considerations which should be done for this selection, and don't be wrong in chosening. As a result would be harm to us if we wrong in chosening, wasting time, energy and expense.
Therefore, we need an application which assists them in chosening Study Program of best College among criterions of decision making which have been determined. Application before this only assists in election Study Program, not the inclusive of Election College whom correct according to desire from the student candidate. Application which developed is a Decision Support System with using Analytical Hierarchy Process method which can be used as media of decision making support to determine the College and Study Program to be taken. This Final Project has special aim to making a Decisoan Support System for selection Study Program in part off College which residing in Java.Keyword: Aplication, Studi Program, College,Decision Support System

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN PROGRAM STUDI MASUK PERGURUAN TINGGI DENGAN METODE AHP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Widy Krisna Yusditia
Perorangan
Mahmud Imrona, Retno Novi Dayawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini