Aplikasi Penjualan dan Pemesanan pada Griya Batik Nugraha - Surakarta

Muhammad Rifa'i Syukri Hajji Al-Muttaqin

Informasi Dasar

613050017
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Laweyan adalah salah satu kecamatan yang ada di kotamadya Solo. Daerah Laweyan ini terkenal dengan salah satu komoditinya yaitu batik, terutama setelah Walikota Solo Slamet Suryanto, mencanangkan Kampung Laweyan menjadi kampung batik Sabtu (25-9-2004). Di kampung ini para pengunjung dapat membeli batik, mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah, dan melihat proses pembuatan batik tradisional secara langsung.
Griya batik Nugraha adalah salah satu toko yang terletak di Laweyan, di griya batik ini banyak terdapat berbagai jenis batik yang beraneka ragam, mulai dari pakaian, aksesoris, hingga lukisan yang bertemakan batik. Selama ini griya batik Nugraha masih menggunakan sistem penjualan dengan cara manual, artinya tidak ada komputerisasi untuk mengolah data secara otomatis.
Dengan berdasarkan pada abstraksi di atas, telah dibangun sebuah aplikasi penjualan. Aplikasi ini tidak hanya menangani penjualan saja, namun juga menangani pemesanan barang mapun pembelian pada griya batik tersebut. Data akan disimpan kedalam basis data sehingga memudahkan pegawai yang akan melihatnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat membantu pegawai dalam melihat laporan dalam bentuk tabel maupun grafik.
Aplikasi ini dibuat berdasarkan analisis dan desain dengan metode waterfall. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan pemrograman berorientasi object. Java akan digunakan sebagai bahasa pemrogramannya dan MySQL akan digunakan sebagai pengolah basis data.Kata Kunci : griya batik, aplikasi penjualan dan pemesanan, java, mysqlABSTRACT: Laweyan is one of the subdsitrict on Surakarta. Laweyan was famous by the one of commodity that called batik, especially after the mayor of Surakarta Slamet Suryanto make the Laweyan Village to be batik village at Saturday (25-09-2004). In Laweyan, the tourist can buy batik, visit historical building and see the traditional batik processing.
Griya batik nugraha is one of shop on Laweyan, in grya batik nugraha there are many kind of batik, clothes, accessories, and batik picture. Griya batik nugraha use the traditional sale system, that means the data processing manually and no computerized system to managing the data.
Based on the abstraction above, has been developed point of sale application. This application not handle sale only, but also handled order and bought from the supplier at the house of batik. The data saved on the database management system with the result that will make the employee to find it. Besides, the aplication can help the employee to observe report in table or graphics.
This application created based on analysis and design using waterfall method. Developing method software using object oriented programming. The programming language that used is java with the eclipse editor. Mysql used to be database.Keyword: house of batik, point of sale application, java, mysql

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Aplikasi Penjualan dan Pemesanan pada Griya Batik Nugraha - Surakarta
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Rifa'i Syukri Hajji Al-Muttaqin
Perorangan
Andrian Rakhmatsyah, Retno Novi Dayawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini