ADMINISTRASI PROSES PEMBUATAN SIM BERBASIS WEB PADA POLWILTABES BANDUNG

Rully Patria

Informasi Dasar

613040046
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Permohonan SIM (Surat Izin Mengemudi) terjadi setiap hari kerja di Polwiltabes Bandung. Pada proses tersebut pemohon diharuskan melewati berbagai tahapan yang ada. Kondisi yang terjadi saat ini adalah sering terjadi penumpukan jumlah pemohon pada waktu tertentu yang mengakibatkan pemohon harus menunggu relatif lama. Selain itu, pemohon juga harus mengisi data berkali-kali di tiap tahapan karena belum adanya pengelolaan data yang dapat diakses di semua tahap.
Melihat dari permasalahan yang ada maka proyek akhir yang berjudul “Administrasi Proses Pembuatan SIM Berbasis Web pada Polwiltabes Bandung” ini dibangun. Aplikasi ini bertujuan untuk mengatur waktu datang pemohon sehingga tidak terjadi penumpukan. Pemohon juga tidak perlu mengisi data berulang kali karena menggunakan data yang diinputkan saat mendaftar. Media internet digunakan pada aplikasi ini sehingga pemohon dapat melakukan pendaftaran di manapun dan kapanpun.
Aplikasi pengelola pembuatan SIM ini menggunakan PHP dengan server Apache dan MySQL sebagai perangkat lunak untuk pengaturan basis data yang ada. Aplikasi ini berfungsi sebagai media informasi untuk pihak Polwiltabes mengenai data pemohon yang telah terdaftar dan sebagai media pengelola proses permohonan SIM mulai dari tahap pendaftaran yang dilakukan secara online sampai tahap pemotretan.
Kata Kunci : Pemohon, SIM, Polwiltabes Bandung, WebABSTRACT: People who want to request a driver license at Polwiltabes Bandung should do any process that sometimes can be very crowded so they also wait for a long time. Beside of that, they must fill the registration form at each process.
Looking for the solution, this project called “Web Based Driver License Administration Process at Polwiltabes Bandung” has to be built. This application manages the time slot for the people who want to request driver license. They just need to fill registration form on the web. This application uses web for registration page so it can do anywhere and anytime.
Web Based Driver License Administration Process at Polwiltabes Bandung built with PHP, Apache Server and MySQL to manage the database. The advantages of this applicatioon for the police side is helping them to keep and manage the people’s data. With this application, driver license request activity at Polwiltabes Bandung not take a long time as now and helping the police to manage the process administration.Keyword: Driver License, Polwiltabes Bandung, web

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

ADMINISTRASI PROSES PEMBUATAN SIM BERBASIS WEB PADA POLWILTABES BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rully Patria
Perorangan
Endro Ariyanto , Yanuar Firdaus A.W.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini