APLIKASI REAGENT INVENTORY CONTROL PADA LABORATORIUM R&D PT. KALBE FARMA CIKARANG

MAULIDNA SAGITA

Informasi Dasar

613040028
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: R&D Laboratorium yang dalam hal ini merupakan bagian dari Perusahaan Kalbe Farma, sebagai laboratorium yang meneliti kandungan obat dengan menggunakan pereaksi kimia (reagen), dan melakukan proses pencatatan reagen masuk dan keluar serta pemesanan reagen masih dilakukan secara manual. Untuk mengetahui jumlah persediaan reagen, karyawan laboratorium harus mencari satu per satu di buku catatan yang menyebabkan tidak efisiennya waktu dan tenaga.
Bertolak dari kenyataan diatas, maka pada proyek akhir ini telah dibuat aplikasi Reagent Inventory Control yang berbasis komputerisasi untuk membantu pengelolaan data administrasi laboratorium dan untuk menghindari kesalahan yang biasa terjadi pada sistem manual. Pada sistem ini, pengguna akan dibedakan menjadi administrator dan user. Administrator mempunyai hak otorisasi penuh dan bertugas untuk mengendalikan semua proses yang terjadi di dalamnya. Sedangkan user merupakan sisi pengguna biasa yang hanya dapat menggunakan fasilitas yang telah disediakan pada aplikasi ini.
Proyek akhir yang berupa Aplikasi Reagent Inventory Control Laboratorium R&D ini dibangun dengan menggunakan database Microsoft SQL Server 2000 dan script pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0.
Kata Kunci : Aplikasi, Reagent Inventory Control, pengelolaan data.ABSTRACT: R&D Laboratory which is part of PT.Kalbe Farma, as research laboratory of drug content by using reagent, and process record of reagent in and out, and also ordering reagent are still done by manual. To know the amount of reagent supplies, laboratory assistant have to look manually one by one in the documentation book which is causing inefficient of time and energy.
Starting form the above fact, this final project have been build application of Reagent Inventory Control being based on computerization to assist management of laboratory administration data and to avoid ordinary mistake happened at manual system. At this system, laboratory assistant will be differentiated to become user and administrator. Administrators have full authorization tights and undertake to control all process that happened in it. User id ordinary consumer side which can only use facility which have been provided at this application.
This final project which in the form of application of Inventory Control of R&D laboratory built by using database of Microsoft SQL Server 2000 and Microsoft Visual Basic 6.0.
Keyword: Application, Reagent Inventory Control, Management of data.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

APLIKASI REAGENT INVENTORY CONTROL PADA LABORATORIUM R&D PT. KALBE FARMA CIKARANG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MAULIDNA SAGITA
Perorangan
Yanuar Firdaus A.W., Tjokorda Agung Budi Wirayuda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini