APLIKASI PERANGKAT LUNAK UNTUK PENGELOLAAN DATA KEANGGOTAAN DAN INVENTARISASI UNIT KERJA MAHASISWA RACANA SOEDIRMAN (Software application for membership and inventories management data racana soedirman student work unit)

BAYU DIHARJO

Informasi Dasar

613020061
005
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Unit Kerja Mahasiswa Racana Soedirman merupakan unit kerja yang bergerak pada bidang kepramukaan yang ada di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto dan merupakan unit yang paling menonjol dibandingkan dengan unit kerja mahasiswa lainnya. Salah satu visi yang dimiliki oleh Racana Soedirman adalah menjadi Unit kerja mahasiswa yang maju dan terus berkembang. Sebagai salah satu Unit Kerja Mahasiswa yang ingin maju dan terus berkembang diperlukan suatu sistem pendukung untuk membantu kelancaran proses administrasinya. Saat ini sistem administrasi Racana Soedirman masih dilakukan secara manual sehingga diharapkan dengan adanya sistem terkomputerisasi ini lebih memudahkan anggota dalam memperoleh informasi.
Dengan adanya latar belakang tersebut, Proyek Akhir ini membuat suatu aplikasi perangkat lunak untuk pengelolaan data keanggotaan dan inventorisasi di unit kerja mahasiswa Racana Soedirman. User yang akan mengakses aplikasi ini antara lain anggota dan operator dalam hal ini anggota yang dipercaya. Perangkat lunak ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall. Diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman DELPHI 6, dan databasenya yaitu Database MS Access. Aplikasi yang dibangun dari proyek akhir ini dapat melakukan proses pengelolaan data anggota, pengelolaan data inventaris (alat), pengelolaan jadwal kegiatan, dan menangani pembuatan laporan anggota, inventaris, kegiatan, serta penyewaan.Kata Kunci : Delphi 6, DataBase MS Access, WaterfallABSTRACT: Racana Soedirman Student Workgroup Unit is a workgroup which is working on field of boyscouting located in University of Jendral Soedirman in Purwokerto. Some parts of the system which is existed on the working branch mentioned, still performed manually so information gathering is rather inefficient on term of speed and capability, especially for members data management processes which is divided into old and new members categorization, event data management, equipment data management, report management which includes members data report, event schedule report, and rent equipment usage.
Those problems have led this Final Project into planning of an software application to manage membership and inventory data in Racana Soedirman Student Workgroup Unit. Users, which are going to access application, defined as members and operator with reputed trustworthy. This software built by using waterfall method. Implemented with Delphi 6 programming language , and using Database Desktop Paradox 7 as main database.Keyword: Delphi 6, DataBase MS Access, Waterfall

Subjek

APPLICATION SOFTWARE-DEVELOPMENT
 

Katalog

APLIKASI PERANGKAT LUNAK UNTUK PENGELOLAAN DATA KEANGGOTAAN DAN INVENTARISASI UNIT KERJA MAHASISWA RACANA SOEDIRMAN (Software application for membership and inventories management data racana soedirman student work unit)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BAYU DIHARJO
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini