SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA AWAL PENDERITA HIV/AIDS ( Expert System For Early Diagnosis HIV/AIDS Sufferer )

MOCH RIZHA FAKHRUDIN

Informasi Dasar

613020025
005
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: “ Sistem Pakar Untuk Diagnosa awal Penderita HIV/AIDS ” ini dibangun agar dapat membantu orang yang ingin melakukan tes awal atau dini terhadap dirinya untuk mengetahui kemungkinan apakah dirinya mempunyai kemungkinan yang cukup tinggi atau tidak untuk menjadi penderita HIV/AIDS. Kemampuan sistem pakar ini antara lain : melakukan proses diagnosa berdasarkan inputan yang diberikan oleh pemakai, selain itu sistem pakar ini juga menyediakan fasilitas untuk menambah, merubah, menghapus data perilaku dan gejala. Fasilitas lain yang diberikan untuk pakar adalah menentukan basis aturan dan basis diagnosa berdasarkan perilaku, gejala mayor dan gejala minor yang mungkin ada pada diri pasien ( orang yang melakukan diagnosa ).
Proyek Akhir ini dibangun menggunakan analisa dan desain terstruktur dengan pemodelan waterfall. Sedangkan basis datanya dibangun dengan menggunakan MySQL servers and clients 3.23.47, dengan menggunakan alat bantu Microsoft Visio untuk pemodelan sistemnya, dan Visual Basic 6.0 untuk bahasa pemrogramannya.Kata Kunci : Sistem Pakar, HIV/AIDS, Visual Basic 6.0Sistem Pakar, HIV/AIDS, Visual Basic 6.0ABSTRACT: This “Expert system for early Diagnosis HIV/AIDS sufferer “built to help people who want to do pre test about themselves to know whether they have a risk to be a HIV/AIDS sufferer. The ability of Expert system are: Processing diagnosis based on input by user, beside that expert system provide facility to add, change, and delete behavior and symptoms data. Another facilities that give for expert are decide basic rule and basic diagnosis based on behaviors and major and minor symptom which exist in patient body ( people who do diagnosis).
This final project built using analysis and structured design with waterfall model. And the database built with MySQL servers and clients 3.23.47, with Microsoft Visio as a tool for system modeling, and Visual basic 6.0 for developer tool.Keyword: Expert System, HIV/AIDS, Visual Basic 6.0

Subjek

EXPERT SYSTEMS
 

Katalog

SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA AWAL PENDERITA HIV/AIDS ( Expert System For Early Diagnosis HIV/AIDS Sufferer )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCH RIZHA FAKHRUDIN
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2005

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini