Aplikasi Interaktif Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris 1 Mahasiswa IT Telkom Dengan Menggunakan Ren'Py

Anggi Zesharini

Informasi Dasar

611104103
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Di berbagai dunia terdapat berbagai macam suku,budaya, dan juga bahasa yang berbeda. Untuk menyatukan komunikasi manusia di berbagai belahan dunia dibutuhkan satu bahasa yang bisa menselaraskan antara satu orang dengan orang yang lainnya agar tercipta komunikasi yang diinginkan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahasa yang sama,oleh karena itu dibutuhkanlah bahasa yang dapat dimengerti oleh seluruh bangsa didunia. Bahasa yang dapat menyatukan komunikasi antara manusia di berbagai belahan dunia adalah bahasa inggris yang juga menjadi bahasa internasional dalam berkomunikasi.Oleh karena itu mempelajari bahasa inggris di dalam berbagai tingkat pendidikan adalah hal yang wajib dan penting.Salah satunya adalah didalam pendidikan perkuliahan misalnya IT Telkom.IT Telkom adalah institusi teknologi yang mengedepan hard dan soft skill.Oleh karena itu bahasa inggris menjadi sangat penting dan wajib dipelajari oleh seluruh mahasiswa di IT Telkom khususnya adalah mahasiswa tingkat satu.Pada tingkat satu bahasa inggris menjadi mata kuliah dasar dimana dinamakan mata kuliah bahasa inggris 1 yang mengacu pada materi listening.

Aplikasi ini menggunakan bahasa pemograman Phyton yang telah diaplikasikan pada Ren’py. Aplikasi yang telah dibuat diharapkan dapat membantu dan memberikan cara pembelajaran yang berbeda untuk mata kuliah Bahasa Inggris 1 di IT Telkom yang mengacu pada listening. Materi pada aplikasi ini akan diambil dari modul bahasa inggris 1 IT Telkom dan materi terkait lainnya.

Aplikasi yang dibuat telah direalisasikan dan menunjukan nilai keseluruhan rata-rata penilaian kualitatif berdasarkan table MOS adalah bernilai baik,dengan nilai rata-rata keseluruhan 4.121.Dan aplikasi yang dibuat menunjukan nilai rata-rata 4.211 terhadap penilaian kepuasan responden pada aplikasi yang dibuat untuk membantu pembelajaran bahasa inggris 1,nilai rata-rata terhadap kepuasan soal-soal yang dibuat adalah 4.028 ,nilai rata-rata terhadap tampilan aplikasi yang dibuat sebesar 4.128, kepuasan responden terhadap keseluruhan aplikasi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4.1,dan kepuasan responden terhadap perintah dan pertanyaan mendapatkan nilai rata-rata 4,14.

Kata Kunci : Ren’Py,Phyton,Bahasa Inggris,ListeningABSTRACT: In the world there is a wide range of different tribes, cultures, and languages. To integrate human communication in many parts of the world, it’s needed a language that can harmonize each person that can creat the desired communication. One way is to use the same language; therefore it’s needed a language that can be understood by all people in the world. Language that can unite the communication between people in different parts of the world is English, also an international language in communication. So that, learning English in various levels of education are compulsory and important. One of it is in the college for example IT Telkom

IT Telkom is a technology institution which concerns to hard and soft skills. Therefore English is very important and must be learned by all students in IT Telkom, especially first year students. In the first year, English is a base subject which named as Bahasa Inggris 1, which refers to listening and reading material.This tool uses the Python programming language that will be applied in Ren'py. This application will help and provide a different way of learning Bahasa Inggris 1 in IT Telkom which points on reading and listening. Materials in this application will be taken from the handbook of Bahasa Inggris 1 IT Telkom and other related materials.The tool is expected to improve student interest in learning English and can help improving the ability of students in listening and reading. Hopefully, this application can help all people, not limited for IT Telkom students only.

Keyword: Ren’Py,Phyton, English, Listening

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Aplikasi Interaktif Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris 1 Mahasiswa IT Telkom Dengan Menggunakan Ren'Py
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anggi Zesharini
Perorangan
Bambang Hidayat, Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini