Implementasi Pesawat Penerima Radio Streaming Berbasis Jaringan WLAN

Yudha Pristanto

Informasi Dasar

611100067
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Di dunia ini perkembangan telekomunikasi sangat pesat sekali,secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi perkembangan sistem telekomunikasi di Indonesia. Saat ini radio menjadi salah satu media informasi yang masih menggunakan gelombang frekuensi sebagai alat untuk mencari channel. Kerugian dari radio saat ini adalah interferensi frekuensi antar radio. Oleh karena itu pada proyek akhir ini dirancang suatu perangkat radio streaming berbasis jaringan wlan.

Dalam proyek akhir dibuat sebuah penerima radio streaming dimana radio ini berbasis jaringan wlan untuk dapat terhubung ke jaringan internet. Radio ini menggunakan dongle wifi untuk mencari jaringan wlan dan menggunakan sebuah yaitu raspberry pi sebagai pusat untuk mengendalikan fungsi dari radio ini. Disisi interface terdapat LCD untuk menampilkan channel radio yang sedang di putar dan dilengkapi dengan push button sebagai alat bantu untuk mengoperasikan radio. Keluaran radio ini di lengkapi dengan speaker aktif.

Dari perangkat radio streaming ini diharapkan bisa digunakan untuk menerima saluran radio IP yang tidak terbatas ( hanya di batasi oleh jumlah IP yang akan di akses), dapat menyimpan 10 channel radio streaming dan kualitas suara yang dihasilkan lebih baik dari radio tradisional.Kata Kunci : radio streaming,dongle wifi, raspberry piABSTRACT: In this world of telecommunications development is very rapid at all , directly or indirectly, will affect the development of the telecommunications system in Indonesia. Currently the radio is one medium of information that still use the frequency bands as a tool to search channels . The disadvantage of this is the current radio frequency interference between radios . Therefore the final project designed a device wlan network -based streaming radio .

In the end of the project created a streaming radio receiver where the radio network based wlan to be able to connect to the Internet . The radio uses the wifi dongle to search wlan network and use the raspberry pi as a center for controlling the functions of the radio . There is the interface for the LCD display radio channels that are in play and comes with a push button as a tool to operate the radio . Radio output is equipped with powered speakers

Of streaming radio devices is expected to be used to receive radio channels IP which is not limited ( only limited by the amount of IP that will be in access ) , can store 10 radio channels stream and the resulting sound quality is better than traditional radio .Keyword: streaming radio, dongle wifi, raspberry pi, wlan

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Implementasi Pesawat Penerima Radio Streaming Berbasis Jaringan WLAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yudha Pristanto
Perorangan
Denny Darlis, Suci Aulia
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini