APLIKASI CHATTING MENGGUNAKAN BAHASA ISYARAT UNTUK PENDERITA TUNA RUNGU DAN TUNA AKSARA BERBASIS ANDROID

DWI RISKA WIGATI

Informasi Dasar

611100066
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Permasalahan penyandang cacat atau yang sering dikenal dengan istilah disabilitas merupakan permasalahan sosial di Indonesia yang sampai kini tidak kunjung usai. Jumlah penderita disabilitas semakin tahun semakin meningkat, tetapi perhatian negara maupun masyarakat sendiri masih rendah. Salah satu masalah yang timbul adalah sulitnya berkomunikasi tertulis dengan penyandang tuna aksara yang biasa menggunakan bahasa simbol, khususnya tuna rungu dan tuna wicara melalui media komunikasi.

Dalam proyek akhir ini dirancang sebuah aplikasi chatting ( mobile messeger ) bahasa isyarat untuk penyandang tuna aksara khususnya tuna rungu dan tuna wicara yang nantinya aplikasi ini kedepannya dapat membantu komunikasi dengan penyandang tuna rungu dan tuna wicara untuk memberi kemudahan berkomunikasi. Dalam pembuatan aplikasi ini akan menggunakan software eclipse dan pemrograman android. Aplikasi mobile messenger ini didukung dengan sistem operasi android yang bersifat open source.

Hasil dari pembuatan aplikasi ini untuk membantu dalam memberikan layanan komunikasi dengan penyandang tuna aksara yang disebabkan karena tuna rungu dan tuna wicara. Mengubah huruf symbol menjadi abjad biasa maupun sebaliknya.

Kata Kunci : Aplikasi chatting, Tuna rungu dan tuna wicara, Android, Java.ABSTRACT: Problems with disabilities or who are known by the term disability is a social problem in Indonesia, which until now did not go over. The number of people with disabilities is increasing year, but the attention the state and society is still low. One of problem that arises is the difficulty of communicating written by illiterate persons are accustomed to using language symbols, especially the deaf and speech impaired through communications media..

In this final project designed a chat application for the sign language in particular disabled deaf and speech impaired that future applications will be able to aid communication with deaf people and speech impaired to provide ease of communication. In making this application will make use of software and programming languages android eclipse. Mobile messenger application is powered by the android operating system which is open source

Result of making this application to assist in providing communication services to illiterate persons caused by the hearing impaired and speech impaired. Changing the font symbol into regular alphabet and otherwise

Keyword: Chat application, Hearing impaired and speech impaired, Android, Java.

Subjek

Otomation
 

Katalog

APLIKASI CHATTING MENGGUNAKAN BAHASA ISYARAT UNTUK PENDERITA TUNA RUNGU DAN TUNA AKSARA BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DWI RISKA WIGATI
Perorangan
Asep Mulyana, Tengku Ahmad Riza
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini