IMPLEMENTASI SISTEM PAPAN IKLAN DIGITAL MENGGUNAKAN RASPBERRY PI BERBASIS JARINGAN WLAN

DIDIT ADITYA PERMADI

Informasi Dasar

611100044
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Dewasa ini periklanan Indonesia sedang berada dalam masa perkembangan yang cukup pesat. Terbukti dengan banyaknya periklanan baik dalam media cetak ataupun elektronik dan berada di berbagai tempat dan media. Tetapi, dalam proyek ini saya lebih mensegmenkan pada digital atau electronic video advertising. Banyaknya iklan elektronik menimbulkan beberapa masalah seperti keefisienan, keefektifan ataupun kerapihan. Seperti pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk membuat suatu iklan digital yang biasanya menempatkan sebuah CPU dan display yang memiliki biaya yang cukup besar dan juga penempatan iklan paralel yang terdapat di beberapa tempat atau di transportasi umum yang biasanya masih menggunakan media transmisi kabel.

Pada proyek akhir ini dikembangkan suatu terobosan baru pada sistem periklanan digital. Pada sebuah display iklan dipasang perangkat bernama raspberry pi, yang dapat menghemat baik secara biaya ataupun tempat. Kendala kerapihan pada instalasi iklan digital dapat teratasi dengan sistem wireless network. Proyek ini pun memudahkan dalam penggantian iklan dalam format yang telah ditentukan karena dapat terintegrasi pada satu komputer server. Jadi, tidak akan sulit dalam instalasi iklan baru.

Hasil akhir pada sistem ini adalah membuat sistem periklanan digital terpadu dan terpusat dengan tingkat keefisienan dan keefektifan tinggi dengan mengacu pada parameter kualitas jaringan yang telah diukur. Pengukuran parameter terukur pada proyek akhir ini dalam rentang jarak pengukuran 1 meter, 10 meter, 20 meter dan 30 meter. Pada pengukuran didapat delay 1,502 ms, 3,682 ms, 8,085 ms dan 12,618 ms pada pengukuran throughput didapat 7,182 Mbps, 2,468 Mbps, 1,273 Mbps dan 0,262 Mbps dan terakhir didapat pengukuran packet loss merata di tiap-tiap jarak yaitu 0 % yang memiliki arti tidak ada paket data yang hilang dalam pengiriman data. Hasil ini membuktikan proyek akhir ini memenuhi parameter kualitas jaringan yang dibutuhkan dalam dunia periklanan.Kata Kunci : Advertising Digital, Raspberry Pi, W-Fi Dongle, Server, ClientABSTRACT: Indonesia Today advertising is presently in the developed quite rapidly. Proved with the existence of ads everywhere either in print or electronic media and are in various places and media. However, in this project I would give some attention on digital or electronic video advertising. The amount of electronic advertising many poses some problems such as efficiency, effectiveness or neatness. Such expenditures to be incurred to make a digital ads that usually put a CPU and a display that has a considerable cost and also the placement of ads that are common parallel in some places or at public transport is usually still use the cable medium.

At this final project develop a new breakthrough in digital advertising system. In one display ads will be mounted device called raspberry pi, which can save both cost and place. Constraints on the neatness of the installation of digital advertising can be resolved with a wireless network system. This project facilitate the replacement or insert ads in a variety of formats as it can be integrated on a single server computer. So, it will not be difficult to install a new ads.

Final results in this system is to make the system integrated and centralized digital advertising with a high level of efficiency and effectiveness without complaining aesthetic s of such a form of advertising . Measurement parameters measured at the final project in the range of distance measuring 1 meter , 10 meters , 20 meters and 30 meters . Delay measurements obtained at 1,502 ms, 3,682 ms , 8,085 ms 12.618 ms and throughput measurements obtained at 7.182 Mbps , 2.468 Mbps , 1.273 Mbps and 0.262 Mbps and the last packet loss measurements obtained evenly in eac h range is 0 % which means no missing data packets in the data transmission . These results prove the final project meets the required network quality parameters in the advertising world .Keyword: Digital Advertising , Raspberry Pi , Wi - Fi Dongle , Server , Client

Subjek

Otomation
 

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM PAPAN IKLAN DIGITAL MENGGUNAKAN RASPBERRY PI BERBASIS JARINGAN WLAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIDIT ADITYA PERMADI
Perorangan
Denny Darlis, Tengku Ahmad Riza
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini