IMPLEMENTASI SISTEM PENCATATAN LAYANAN BENGKEL SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN ULTRA HIGH FREQUENCY (902,6 – 927,4 MHz) LONG RANGE RFID

GILANG ARIF SUGIHARTO

Informasi Dasar

611100041
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: iv ABSTRAK Pertumbuhan penduduk yang tinggi di Indonesia dan berbanding lurus dengan daya beli masyarakat yang semakin tinggi membuat kebutuh an dalam bidang transportasi semakin berkembang pesat. A lat transportasi berfungsi untuk membantu kegiatan sehari - hari mengantarkan anda dari satu tempat ke tempat yang lai n . Sepeda motor merupaka n primadona masyarakat Indonesia karena harganya terjangkau, efisien, dan fleksibel . Maka dari itu perlu perawatan berkala setiap bulannya untuk melakukan servis di bengkel sepeda motor dengan tujuan agar motor dapat berfungsi denga n baik dan tidak mengalami kerusakan . S aya membuat sistem pendeteksi sepeda motor dengan menggunakan UHF RFID Reader yang akan membaca UHF RFID Tag yang dipasang di sepeda motor . Sehingga data keluaran yang merepresantikan sebagai User ID yang telah dibaca oleh reader akan dimasukan kedalam database komputer sebagai catatan pelanggan dan histor i kendaraan.

iv ABSTRAK Pertumbuhan penduduk yang tinggi di Indonesia dan berbanding lurus dengan daya beli masyarakat yang semakin tinggi membuat kebutuh an dalam bidang transportasi semakin berkembang pesat. A lat transportasi berfungsi untuk membantu kegiatan sehari - hari mengantarkan anda dari satu tempat ke tempat yang lai n . Sepeda motor merupaka n primadona masyarakat Indonesia karena harganya terjangkau, efisien, dan fleksibel . Maka dari itu perlu perawatan berkala setiap bulannya untuk melakukan servis di bengkel sepeda motor dengan tujuan agar motor dapat berfungsi denga n baik dan tidak mengalami kerusakan . S aya membuat sistem pendeteksi sepeda motor dengan menggunakan UHF RFID Reader yang akan membaca UHF RFID Tag yang dipasang di sepeda motor . Sehingga data keluaran yang merepresantikan sebagai User ID yang telah dibaca oleh reader akan dimasukan kedalam database komputer sebagai catatan pelanggan dan histor i kendaraan. Oleh karena itu, sistem i dentifikasi p elanggan servis sepeda motor menggunakan UHF RFID Long Range Reader dirancang di bengkel sepeda motor . Cara kerja alat sistem identifikasi pelanggan sepeda motor adalah UHF RFID Long Range Reader akan membaca UHF RFID Tag , kemudian aplikasi Java akan menampung ID member hasil dari UHF RFID Reader yang dikirim melalui komunikasi serial . Setelah Data pelanggan akan dimasukan kedalam komputer server yang nantinya jika konsumen akan mengganti spare part atau melakukan servis rutin maka data juga akan dimasukan oleh admin . S etelah service motor telah selesai makapelanggan membayar transaksi yang ter jadi di admin lalu admin akan menyimpan data transaksi dan riwayat motor pelanggan kedalam database pelanggan yang bersangkutan.

Dari pengukuran dan pengujian menghasilkan beberapa parameter yaitu jarak ma ksimum sejauh 660 cm (6,6 meter ) , halangan UHF RFID Reader dengan jarak maksimum 660 cm , pengiriman data yang baik dan sesuai antara UHF RFID Long Range Reader dan UHF RFID Tag kedala m database .Kata Kunci : UHF RFID Long Range Reader, UHF RFID Tag , Database.ABSTRACT: v A BSTRACT The high development of Indonesian people and the capacity of buying of Indonesian people which are higher make a need in transportation field more important where the transportation can help doing your daily activity, for example: bring you to the place w here you want to go. Motorcycle is a primadonna for Indonesian people because its price can be reached and its flexibility can economize time. Thus, it needs a periodic treatment every month to check and service the motorcycle in motorcycle workshop author izedin order to keep the condition of your motorcycle every month and to keep it not broken which can make your safety threatened. Because of that, the writer makes a motorcycle detector system using UHF RFID Tag which will be scan by UHF RFID Longa Range Reader. Thus, the output data represented as User ID read by the reader will be put into computer database as customer notes and transportation histories.

In this last project, the writer designs identification of customer motorcycle services system usin g UHF RFID Long Range Reader. How this tool works is that a motorcycle which has been mounted UHF RFID Tag passes UHF RFID Long Range Reader, after that the computer will detect User ID of motorcycle service customer. The data of the customer will be put i nto server computer which if the customer will change a spare part or do the regular service, the mechanic will input the activity of workshop services whose data are sent to the server. After servicing a motorcycle is done, the customer pays a transaction and the server will save the transaction data and the history of customer's motorcycle to the database.

Of measurement and testing of several parameters that produce as much as 660 cm maximum distance, obstacle distance of UHF RFID Tag maximum of 660 cm , data receive in the transmitter and the fit between the UHF RFID Long Range Reader , UHF RFID Tag into the database.Keyword: UHF RFID Long Range Reader, UHF RFID Tag , Database .

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM PENCATATAN LAYANAN BENGKEL SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN ULTRA HIGH FREQUENCY (902,6 – 927,4 MHz) LONG RANGE RFID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GILANG ARIF SUGIHARTO
Perorangan
Junartho Halomoan, Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini