APLIKASI PENGECEKAN KONDISI LALU LINTAS BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN GIS

Sheilia Susi Susidha Sari

Informasi Dasar

611100034
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang tinggi. Jumlah penduduk yang tinggi tersebut berpengaruh terhadap kebutuhan transportasi terutama di jalan utama. Jalan utama di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya rutin terjadi kemacetan. Kemacetan di jalan utama tentunya menghabiskan banyak waktu, tenaga dan pikiran. Jalan alternatif menjadi salah satu solusi untuk menghindari kemacetan.
Pada proyek akhir ini dibuat suatu aplikasi berbasis Android dengan menggunakan GIS dapat digunakan untuk mengetahui informasi mengenai kondisi jalanan, apakah jalanan macet atau lancar. Aplikasi ini dapat bekerja dengan baik apabila banyak orang yang menginstalnya dan aplikasi ini harus terhubung ke internet dan juga gps harus aktif. Aplikasi ini bekerja dengan cara memberikan informasi kondisi macet atau tidaknya melalui kecepatan dari kendaraan lain yang juga menggunakan aplikasi ini. Karena pada saat aplikasi ini aktif, lokasi dimana user berada dan kecepatannya akan masuk ke database, kemudian lokasi dan kondisi jalanan akan ditampilkan di maps dengan warna yang mewakili kondisi jalan. Warna merah menunjukkan kondisi jalan mengalami kemacetan, warna kuning menunjukkan kondisi jalan ramai lancar dan warna hijau menunjukkan kondisi jalan tidak ramai dan akan memberikan kelancaran tinggi dalam berkendara. Hal ini akan terus menerus berlangsung, karena aplikasi ini akan ter-update setiap 45 detik sekali.
Hasil akhir dari pembuatan proyek akhir ini berupa aplikasi untuk membantu pengguna jalan raya mengetahui kondisi jalanan yang macet dan tidak. Untuk pengujian aplikasi ini sudah diujikan untuk lima handphone yang sudah terinstal aplikasi ini, dan sistem bekerja dengan baik. Untuk pengukuran tingkat keberhasilan, maka dilakukan pengujian MOS (Mean Opinion Score), yaitu berdasar opini dari 30 orang yang mencoba menggunakan aplikasi ini. Dari pengukuran tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi ini dapat membantu pengguna jalan untuk mengetahui kondisi kemacetan jalan, sehingga pengendara kendaraan dapat mencari jalan alternatif lain untuk sampai ditujuan.Kata Kunci : aplikasi, android, kecepatan, kemacetan, mapsABSTRACT: Indonesia is one of the countries with a high population. The high population affects transportation needs, especially on the main road. The main roads in big cities in Indonesia, such as Jakarta, Bandung, and Surabaya always occurs a traffic jam. Traffic jam on the main road of course spend a lot of time, energy and mind. Alternative path is a solution to avoid traffic jam.
At this final project, Android -based applications created using GIS that can be used to find out information about road conditions, whether there is a traffic jam or not. This application can work well when a lot of people who install the application. This application must be connected to the internet and also have an active GPS. This application works by providing information through the traffic conditions or whether the speed of other vehicles. At the time the application is active , the location where the user is located and speed going into the database , then the location and condition of the streets will be displayed on the maps with colors representing the road conditions . The red color indicates the condition of roads which having a traffic jam, yellow color shows the crowded road conditions and green colors indicate the condition of the roads are not crowded and will provide high smoothness in driving. It will continue to take place, because this app will be updated every 45 seconds.
Result of this final project is helping users determine the condition of the highway jammed streets. It has been tested for five cell phones that have this application installed, and the system works well. To measure the level of success, MOS (Mean Opinion Score) is used based on the opinions of 30 people who try to use this application. From these measurements it can be concluded that this application can help users to determine the condition of the road, so that drivers can seek an alternative way to arrive at the destination.Keyword: Application, android, speed, traffic, maps

Subjek

Otomation
 

Katalog

APLIKASI PENGECEKAN KONDISI LALU LINTAS BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN GIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sheilia Susi Susidha Sari
Perorangan
Tody Ariefianto Wibowo, Tengku Ahmad Riza
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini