Perancangan dan Realisasi Antena Mikrostrip 4 Larik Dipole pada Frekuensi 3,3-3,4 GHz untuk Aplikasi WiMAX

Dwi Putri Kusumadewi

Informasi Dasar

611091016
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi komunikasi wireless saat ini sedang berkembang dengan cepat di dunia. WiMAX merupakan salah satu teknologi komunikasi wireless untuk komunikasi data, voice dan video dengan kecepatan tinggi. Teknologi ini sudah mulai diimplementasikan pada beberapa negara maju di dunia. Teknologi WiMAX ini bekerja pada frekuensi 3,3-3,4 GHz. Namun, untuk mendukung teknologi tersebut diperlukan antena dengan bandwidth yang lebar.

Antena merupakan suatu perangkat yang berfungsi untuk memancarkan dan menerima gelombang elektromagnetik. Antena mikrostrip memiliki bandwidth dan gain yang kecil. Proyek akhir ini bertujuan untuk merancang antena mikrostrip 4 larik dipole yang bekerja pada frekuensi 3,3 – 3,4 GHz untuk aplikasi WiMAX. Antena mikrostrip larik dipole adalah antena dengan bentuk patch dipole yang dibuat dalam bentuk mikrostrip sebanyak 4 yang disusun secara array. Tujuan disusun secara array adalah untuk menghasilkan gain yang lebih besar.

Berdasarkan hasil pengukuran, didapatkan nilai VSWR pada frekuensi tengah 3,35 GHz adalah 1.092 dan bandwidth sebesar 270 MHz pada nilai VSWR ≤ 1.5. Gain antena hasil pengukuran adalah sebesar 8.49 dBi, polarisasi yang dihasilkan adalah polarisasi linier dengan pola radiasi omnidirectional. Dikarenakan hasil pengukuran telah sesuai dengan spesifikasi perancangan awal, maka antena mikrostrip 4 larik dipole ini dapat direalisasikan untuk aplikasi WiMAX pada frekuensi 3,3-3,4 GHz.Kata Kunci : Mikrostrip, larik dipole, WiMAX, VSWR, bandwidth, omnidirectional, gain.ABSTRACT: The wireless communication technologies these days are rapidly developing. WiMAX is one of the many wireless communication technologies for high speed data, voice, and video communications which operate in the 3.3 – 3.4 GHz frequency band. This technology has been implemented by several advanced first world countries. However, to support such technology, a wide bandwidth antenna is needed.

Antenna is a device that emits and receives electromagnetic waves. Micro trip antenna has a small bandwidth and gain. The purpose of this final project is to design a 4 dipole array microstrip antenna that operates in the 3.3 – 3.4 GHz frequency band for a WiMAX application. The dipole array microstrip antenna is actually apatch dipole antenna shaped into a four microstrips arranged in an array. The purpose of the array form is to produce a bigger gain.

According to the measurements conducted, the value of VSWR that was obtained on the middle frequency of 3.5GHz was 1.092 with a bandwidth of 270MHz on the VSWR value of ≤ 1.5. While the gain obtained was 8.49 dBi and the polarization made was linear polarization with an omnidirectional radiation pattern. Since the measurements attained correspond to the original design, hence the 4 dipole array microstrip antenna can be implemented for WiMAX application in the 3.3 – 3.4 GHz frequency band.Keyword: Microstrip, dipole array, WiMAX, VSWR, bandwidth, omnidirectional, gain.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan dan Realisasi Antena Mikrostrip 4 Larik Dipole pada Frekuensi 3,3-3,4 GHz untuk Aplikasi WiMAX
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dwi Putri Kusumadewi
Perorangan
Nachwan Mufti, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini