Implementasi Aplikasi Kalkulator Diet Pada Penderita Obesitas Menggunakan Telepon Genggam Berbasis Android

Ardyna Dyan Purnama Sari

Informasi Dasar

611091015
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Obesitas atau kegemukan merupakan masalah yang sering dialami oleh beberapa orang. Kegemukan dirasa cukup mengganggu baik dalam penampilan maupun dalam kesehatan. Orang yang bertubuh gemuk cenderung akan lebih mudah terserang penyakit seperti diabetes, serangan jantung, kolesterol, dll.

Pada Proyek Akhir ini telah dirancang suatu aplikasi yang digunakan sebagai petunjuk untuk membantu menurunkan berat badan dari penderita kegemukan, dan menghitung berat ideal. Di sini user diberikan beberapa pilihan menu yaitu, Weight Test, Diet Time, Food Calorie, dan Exit. Weight Test digunakan untuk mengukur seberapa ideal berat badan dengan menggunakan BMI(Body Mass Index) menurut standar Depkes RI. Diet Time digunakan untuk menghitung kebutuhan kalori tubuh untuk mendapatkan berat ideal yang diinginkan, mengatur porsi kalori makanan setiap makan dan melihat grafik perkembangan berat badan. Food Calorie digunakan untuk melihat jumlah kalori makanan pada sekian gram makanan tertentu dengan melihat dari database. Menu Exit dipilih jika user telah selesai menggunakan aplikasi ini dan hendak keluar dari aplikasi ini.

Untuk mengetahui performansi kinerja aplikasi ini telah dibuktikan dengan melakukan pengujian pada penderita obesitas. Hasil yang telah dicapai menurut kuisioner yang telah diisi oleh user adalah aplikasi ini memiliki fitur serta konten sudah lengkap dengan persentasi sebesar 46,67%, konten yang dimiliki sudah memberi petunjuk untuk membantu menurunkan berat badan dengan persentasi sebesar 66,67%, fitur sudah berfungsi dengan baik dengan tingkat persentasi 50%, tampilan yang dimiliki juga sudah menarik dengan persentase 50%, tingkat kemudahan yaitu mudah digunakan sebesar 53,33%, dan aplikasi ini sangat bermanfaat dengan persentase 80%.Kata Kunci : Kata Kunci : obesitas, BMI, BMR, android, kalori.ABSTRACT: Obesity or overweight is a problem that is often experienced by some people. Obesity is considered quite disturbing both in appearance and in health. People who are overweight tend to be more susceptible to diseases such as diabetes, heart attack, cholesterol, etc.

In this Final Project has designed an application that is used as a guide to help you lose weight from overweight, and calculate ideal weight. Here the user is given some of the menu options, Test Weight, Diet Time, Food Calorie, and Exit. Weight Test is used to measure how ideal weight using BMI (Body Mass Index) according to Health Department of RI standards. Diet Time is used to calculate the calories your body needs to get the desired ideal weight, regulate calorie servings of food each meal and see a graph of weight progress. Food Calorie is used to see the number of calories of food in so many grams of specific food with a view of the database. Exit menu selected when the user has finished using these applications and to get out of this application.

To determine the performance of the performance of these applications has been proven by testing in patients with obesity. The results that have been achieved according to the questionnaire has been filled by the user is the application features and the content is complete with the percentage of 46.67%, the content of which is owned already gave hints to help you lose weight as a percentage of 66.67%, a feature already functioning well with the percentage of 50%, the view held also attractive with a percentage of 50%, the level of ease that is easily used by 53.33%, and the application is very useful with a percentage of 80%.Keyword: Keywords: obesity, BMI, BMR, android, calories.

Subjek

Otomation
 

Katalog

Implementasi Aplikasi Kalkulator Diet Pada Penderita Obesitas Menggunakan Telepon Genggam Berbasis Android
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ardyna Dyan Purnama Sari
Perorangan
Tengku Ahmad Riza, Indrarini Dyah Irawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini