Rancang Bangun Antena Horn Untuk Pengukuran Medan Dekat

Reeves Cramer

Informasi Dasar

611091014
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring perkembangan jaman, manusia semakin membutuhkan berbagai teknologi. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini semakin banyak kemudahan manusia dalam menjalin komunikasi khususnya komunikasi secara wireless. untuk perkembangannya sendiri jika di lihat dari kontur bumi yang semakin padat dan semakin banyaknya tower atau BTS yang berdiri semakin menyulitkan untuk melakukan pengukuran agar hasil yang didapatkan sesuai. Semakin jauh pancaran yang di perlukan untuk melakukan pengukuran maka akan semakin besar kemungkinan terjadinya interferensi dari frekuensi yang ada di sekitarnya.
Pada proyek akhir ini akan melakukan rancang bangun antena horn yang sesuai untuk aplikasi pengukuran medan dekat antena. Rancang bangun dilaksanakan dalam beberapa tahap, dimulai dengan desain secara manual, simulasi dengan ansoft, realisasi antena dan pengetesan antena dimana dapat diketahui seberapa baik antena ini dapat bekerja.
Antena horn yang telah direalisasikan memiliki VSWR 1.152 dimana hasilnya memenuhi target (< 1.5), memiliki polarisasi linier dan memiliki gain sebesar 7.421dB.Kata Kunci : Wireless, interferensi, antena horn, medan dekat antena.ABSTRACT: As the changing times, people increasingly need a variety of technologies. With the advance technologies these day more and more ease in estabilishing human communication, espesially in wireless communications. for its own development when viewed from the contour of the earth's increasingly crowded and the increasing number of BTS tower that had been build make it more difficult to perform measurements in order to get an appropriate result. The more distant emission that need to perform the measurement, the larger the possibility of interference from the frequencies around it.
The final project will make a horn antenna design according to near field antenna measurement applications. Design implemented in several phases, beginning with the manual design, ansoft simulation, realization of the antenna and testing the antenna where it can be seen how well this antenna works.
The horn antenna that has been realized has a VSWR < 1.152 where the result meet the qualification (< 1.5). it has linier polarization and has a gain of 7.421 dB.Keyword: Wireless, interference, horn antennas, near field antenna.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Rancang Bangun Antena Horn Untuk Pengukuran Medan Dekat
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Reeves Cramer
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Zulfi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini