APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA UNTUK MURID KELAS TK B SEMESTER 2 BERBASIS FLASH

Cakra Danu Sedayu

Informasi Dasar

611090137
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang pesat membuat anak usia dini tertarik dengan dunia komputer dan memainkan permainan yang ada di komputer dari pada harus belajar. Oleh sebab itu, terciptalah pemikiran bermain sambil belajar atau sering di sebut game education. Permainan ini dapat mengembangkan potensi anak usia dini. Salah satu potensi yang harus di kembangkan pada anak usia dini adalah pengembangan bahasa. Bahasa yang di pakai seorang anak akan mencerminkan pikirannya. Oleh karena itu, proyek akhir ini membuat aplikasi flash untuk pembelajaran bahasa Sunda. Dalam pembuatan aplikasi ini ada empat level permainan, yaitu TK A semester satu, TK A semester dua, TK B semester satu, dan TK B semester dua, dimana penulis membuat aplikasi pada level TK B semester dua. Selain untuk mengajak anak-anak bermain sambil belajar, aplikasi ini juga berfungsi untuk melestarikan bahasa daerah.
Pada proyek akhir ini di buat aplikasi pembelajaran bahasa Sunda untuk murid TK B semester dua berbasis flash. Proses pembuatan aplikasi ini menggunakan software Adobe Flash dengan bahasa pemograman Actionscript 2.0. Software Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar maupun animasi gambar vektor. Software ini sudah di lengkapi dengan bahasa pemrograman ActionScript. Dengan adanya animasi dan ActionScript dapat membuat permainan atau proses pembelajaran lebih menarik karena adanya interaksi dari user yaitu anak usia dini. Pembuatan aplikasi ini mengikuti standar kompetensi pembelajaran bahasa Sunda untuk murid TK B semester dua yang ada, yaitu anak mampu menyimak, berbicara, memiliki kosakata, dan mengenal simbol-simbol bahasa yang melambangkannya untuk persiapan membaca dan menulis.
Aplikasi ini berbasis flash dan di mainkan oleh anak usia dini khususnya murid TK B semester dua. Aplikasi ini mengikuti standart kompetensi 2010 dan di implementasikan dengan bahasa pemrograman actionscript 2.0. Standar kompetensi yang terpenuhi ialah 0.2.1.1 Menyimak bunyi suara atau bunyi bahasa yang di ucapkan guru, 0.2.2.1 Menyimak kata atau kalimat yang di ucapkan guru, 0.2.7.4 mengelompokkan kata yang sama, 0.2.8.1 mengikuti model dalam berprilaku ramah. Aplikasi ini dibuat semenarik dan semudah mungkin untuk di gunakan, dengan desain gambar dan animasi yang baik sehingga anak usia dini tertarik untuk menggunakan aplikasi pembelajaran bahasa Sunda.Kata Kunci : Aplikasi, ActionScript, bahasa Sunda, murid TK B semester duaABSTRACT: Developments in technology and science make children interested in computer and play game in computer than study. Therefore, created the idea of play while learning or often called game education. This game can upgrade potential children. One of the potential that should be improved in children is the development of language. The language they used will reflect the thinking of the child. Therefore, in this final project make flash application for learning Sundanese language. When making this application have four playing level, that is A first semester kindergarten, A second semester kindergarten, B first semester kindergarten and B second semester kindergarten. The author makes flash-based Sunda language learning application for B second semester kindergarten student. Order than take the children to play while learning, this application also serves to preserve the vernacular.
In this final project is maked flash-based sunda language learning application for B second semester kindergarten student. This application is maked use Adobe Flash with Actionscript 2.0 programing language. This software is used for make picture and vekctor animation picture. If a game have animation and Actionscript, that game will make game or learning process more interesting because that game make interaction from user(children). Making this application follow the standart of teaching competence B second semester kindergarten, there are child are able to listen, talk, have the vocabulary, and recognize the symbols denote the language in preparation for reading and writing.
This application is flash-based and played by children particularly B second semester kindergarten student. This apllication follow standard of teaching competence 2010 and implemented with Actionscript 2.0. Competence standards are being met is Listening the sound or int the word of teachers speaking, 0.2.2.1 Listening the word or pharse said by teachers, 0.2.7.4 grouping the same words, 0.2.8.1 follow the model in a friendly act. This application is maked as attractive and as easy for used, with picture design and good animation so that children interterested for use this application.Keyword: Apllication, ActionScript 2.0, Sundanese Language, Aplikasi, ActionScript, bahasa Sunda, B second semester kindergarten student

Subjek

Otomation
 

Katalog

APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA UNTUK MURID KELAS TK B SEMESTER 2 BERBASIS FLASH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Cakra Danu Sedayu
Perorangan
Purba Daru Kusuma, Surya Michrandi Nasution
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini