APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA UNTUK MURID TK A SEMESTER 2 BERBASIS FLASH

Rikko Zordin

Informasi Dasar

611090120
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Semakin berkembangnya teknologi komputer saat ini membuat anak-anak usia dini tertarik dengan dunia komputer. Saat ini anak-anak lebih tertarik untuk memainkan permainan yang ada di komputer dari pada harus belajar. Kebanyakan dari permainan-permainan yang ada tidak mendidik anak-anak untuk menjadi pintar. Karena banyak aplikasi yang tidak mendidik anak-anak, maka tercipta ide untuk membuat aplikasi pembelajaran bahasa Sunda untuk murid TK yang dapat memandu anak-anak untuk bermain sambil belajar. Selain untuk mengajak anak-anak bermain sambil belajar, aplikasi ini juga berfungsi untuk melestarikan bahasa daerah.

Dalam pembuatan aplikasi ini ada empat bagian permainan, yaitu TK A semester 1, TK A semester 2, TK B semester 1, dan TK B semester 2. Pada proyek akhir ini penulis membuat aplikasi pembelajaran bahasa Sunda untuk murid TK A semester 2 berbasis flash saja. Proses pembuatan aplikasi ini menggunakan software Adobe Flash dan bahasa pemograman Actionscript. Software Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar maupun animasi gambar vektor. Untuk pengoprasian Adobe Flash ini menggunakan bahasa pemograman ActionScript. Dalam pembuatan aplikasi ini juga memiliki standar kompetensi pembelajaran bahasa Sunda untuk murid TK A semester 2, yaitu anak mampu menyimak, berbicara, memiliki kosakata, dan mengenal simbol-simbol bahasa yang melambangkannya.

Dari pengujian Beta yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa dari 30 responden yang telah mencoba memainkan aplikasi pembelajaran bahasa sunda untuk murid TK A semester 2 sebanyak 22 orang atau sebesar 73% responden mengerti cara penggunaan aplikasi ini dan mengerti apa yang dimaksud dari setiap permainan yang ada dengan diberi arahan atau bimbingan terlebih dahulu. Kemudian dari 30 responden ada 23 responden atau sebesar 77% responden menjawab bahwa aplikasi ini menarik untuk dimainkan.Kata Kunci : Kata Kunci : Adobe Flash, ActionScript, Standar Kompetensi Pengajaran Bahasa Sunda TK A Semester 2, Bahasa SundaABSTRACT: Nowadays, technology expansion makes children interest with computer’s world. Now, children’s usually interest plays the game inside the computer than learn self. Most of the game inside the computer are have bad influence and aren’t good role for children. Because of a lot of that, so writer create some idea to make an sundanese learning application for studyng. Beside play with learning, this application have function to conserve mother tongue.

Inside this application, there are 4 section, TK A first semester, TK B seconds semester, TK B first semester and TK B seconds semester. In this final project the writer makes flash-based Sunda language learning aplication for A second semester kindergarten student. The procces of this application production using Adobe flash software and Actionscript language program. This proccess have sundanese competent standard learning for TK A second semester, that is student can scrutinize, speaking get some vocabulary, and knows some sundanese symbols.

From Beta testing has been done the conclusion from 30 respondents who had tried to play the Sunda language learning aplication for A second semester kindergarten student as many as 22 people or 73% of respondents know how to use this application and understand the game with direction or guidance given in advance. Than 30 respondents there were 23 respondents or 77% of respondents replied that this application is interesting to play.Keyword: Keyword: Adobe Flash, ActionScript, the standard of teaching competence Sundanese TK A second semester, Sundanese.

Subjek

Otomation
 

Katalog

APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA UNTUK MURID TK A SEMESTER 2 BERBASIS FLASH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rikko Zordin
Perorangan
Purba Daru Kusuma, Surya Michrandi Nasution
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini