Implementasi Alat Pemanggil Ikan Berbasis Pemancar Suara dan Cahaya

Muhammad Fadloli

Informasi Dasar

611090116
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Melihat semakin marak penangkapan ikan baik di laut maupun di rawa Indonesia, khususnya di pulau jawa dengan cara menggunakan pukat harimau atau bom membuat ekosistem yang ada di dalamnya menjadi rusak dan merugikan bangsa. Dari itulah tercipta ide membuat suatu alat yang dapat menangkap ikan secara tidak berlebihan dan ramah lingkungan. Alat ini juga dapat membantu nelayan dalam pekerjaanya menangkap ikan secara baik dan tidak merusak lingkungan.

Pada proyek akhir ini akan membuat sebuah alat yang dapat memanggil ikan menggunakan LED dikombinasikan dengan pemancar suara. LED mempunyai fungsi sebagai pengarah sasaran untuk ikan yang ada di sekitar alat. Sedangkan pemancar suara mempunyai fungsi sebagai pemancar frekuensi suara yang akan ditangkap oleh ikan. Dari data yang didapatkan bahwa ikan akan tertarik dan akan mengeluarkan suara frekuensi ultrasonik. Dengan kedua alat tersebut dapat membuat perhatian ikan untuk mencari dimana asal sumber suara dan cahaya berada.

Setelah alat diuji ikan lebih merespon alat pada saat gelap. Ikan tertarik dengan putaran cahaya dari alat yang cepat terlihat seperti berkedip. Untuk suara ultrasonik setelah diuji dari frekuensi yang paling rendah yaitu 30 KHz sampai yang paling tinggi yaitu 50 KHz ternyata ikan lebih merespon dengan suara frekuensi 45 KHz. Setelah dilakukan pengujian sebanyak 50 kali di dalam akuarium didapatkan rata-rata ikan mendekat dalam waktu 38 detik. Sedangkan pengujian yang dilakukan di kolam ikan yang berukuran 2 m x 1 m sebanyak 10 kali didapatkan hasil 0.83 menit ikan dapat mendekat pada alat di malam hari.Kata Kunci : pemancar, suara, cahaya, frekuensiABSTRACT: There are lots of people are trying to get the fish whether in sea or in the lake, especially in java island by using the poison like ”Pukat Harimau” or the bomb will destroy the Ecosystem which live inside of the sea and of course will harm the country. That is the reason why the idea comes and how to solve this problem by making the green fish captured. This tool is also help the fisherman to work and catch the fish in the sea and keep the nature.

In this last project will make a tool which can invite the fishes using the LED and the voice recognition. The function of LED is to guide the target “the Fishes” which around the tool. While the voice recognition has function for voice recognition that will be captured by the fishes. From that data we know that the fishes will be attract and outing the ultrasonic frequency. With those two tools that can take the fishes attention to see the source of the voice and the light.

After testing there are some conclution the fishes only response when the sea is dark. The fishes attracted by the light which blink and rounded on the tool. For ultrasonic wave after testing from the lowest wave 30 KHz until the highest wave 50 KHz fishes respons the ultrasonic wave in 45 KHz frequent. After testing the tool in the aquarium for 50 times, the average number where the fishes are getting closer is after 38 second. While the testing in the pond with the size 2 m x 1 m show the result after 10 times trial that shown the fishes will getting closer after 0.83 minut in the dark condition.Keyword: transmitter,voice,light,frequency

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Implementasi Alat Pemanggil Ikan Berbasis Pemancar Suara dan Cahaya
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Fadloli
Perorangan
Iswahyudi Hidayat, Denny Darlis
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini