Perancangan dan Realisasi Pengendali Power Window bersarkan Kualitas Udara dalam Ruang Kendaraan yang Tertutup berbasis Mikrokontroler

Anisa Rahmy

Informasi Dasar

611090110
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Akhir-akhir ini banyak insiden yang terjadi karena tercemarnya udara dalam suatu ruang kendaraan tertutup. Insiden tersebut dapat berakibat buruk hingga kematian. Setelah di analisa, salah satu penyebabnya adalah tercemarnya udara karena gas beracun. Keberadaan gas beracun dapat menguragi kualitas udara dalam suatu ruangan, untuk itu maka dibutuhkan suatu alat yang dapat mendeteksi keadaan udara..Sebagai antisipasin pertama jika dalam suatu ruangan tertutup kualitas udaranya buruk, maka secepatnya harus ada pergantian udara. Pergantian udara tersebut dapat berupa terbukanya pintu secara otomatis.

Pada proyek akhir ini telah dirancang dan direalisasikan prototype dari suatu alat yang dapat mentukan kualitas udara dalam ruangan serta adanya power window otomatis. Alat ini menggunakan mikrokontroler sebagai pusat pengendali dan sensor General air Quality (TGS 2600) sebagai pendeteksi kualitas udara. Pada alat ini juga terdapat rangkaian catu daya sebagai penyedia energi listrik yang dibutuhkan system dan terdapat juga rangkaian relay sebagai saklar untuk motor DC. Cara kerja alat ini adalah dengan mendeteksi udara dengan sensor dan hasil dari keluaran sensor akan diproses dengan mikrokontroler dan ditampilkan dengan menggunakan LCD. Selanjutnya, jika terdeteksi kualitas udara dalam ruang kendaraan tertutup tersebut kurang baik atau buruk, sebagai antisipasi pertama maka power window secara otomatis akan terbuka. Power window tersebut digerakan oleh motor DC.

Perangkat prototype ini dapat bekerja secara otomatis, baik untuk pendeteksi kualitas udara maupun untuk membuka power window. Pada kondisi udara bersih, Vout sensor TGS 2600 berada pada tegangan 0,2 – 1,2 V sedangkan dalam kondisi terdeteksi gas Vout terukur sebesar > 1,2V tergantung pada kepekatan gas. Pada LCD dapat terbaca bagaimana kualitas udara dalam ruangan tersebut.Perangkat prototype ini dapat bekerja secara otomatis, baik untuk pendeteksi kualitas udara maupun untuk membuka power window. Pada kondisi udara bersih, Vout sensor TGS 2600 berada pada tegangan 0,2 – 1,2 V sedangkan dalam kondisi terdeteksi gas Vout terukur sebesar > 1,2V tergantung pada kepekatan gas. Pada LCD dapat terbaca bagaimana kualitas udara dalam ruangan tersebut.Perangkat prototype ini dapat bekerja secara otomatis, baik untuk pendeteksi kualitas udara maupun untuk membuka power window. Pada kondisi udara bersih, Vout sensor TGS 2600 berada pada tegangan 0,2 – 1,2 V sedangkan dalam kondisi terdeteksi gas Vout terukur sebesar > 1,2V tergantung pada kepekatan gas. Pada LCD dapat terbaca bagaimana kualitas udara dalam ruangan tersebut.Perangkat prototype ini dapat bekerja secara otomatis, baik untuk pendeteksi kualitas udara maupun untuk membuka power window. Pada kondisi udara bersih, Vout sensor TGS 2600 berada pada tegangan 0,2 – 1,2 V sedangkan dalam kondisi terdeteksi gas Vout terukur sebesar > 1,2V tergantung pada kepekatan gas. Pada LCD dapat terbaca bagaimana kualitas udara dalam ruangan tersebut.Kata Kunci : Mikrokontroller, General air Quality (TGS 2600), LCD, Power Window, gas beracun.ABSTRACT: Lately a lot of incidents that occur due to contamination of the air in an enclosed space vehicles. The incident may be bad to death. Once in the analysis, one cause is air pollution because of toxic gases. The presence of toxic gases can reduces air quality in a room, for it is needed a tool that can detect the state of the air. As antisipasin first if in an enclosed indoor air quality is poor, then there must be a change of air quickly. Substitution air may be opening the door automatically.

At the end of the project has been designed and realized a prototype of a tool that can mentukan indoor air quality as well as the automatic power windows. This tool uses a microcontroller as the central controller and sensor General Water Quality (TGS 2600) as a detector of air quality. In this tool there is also a power supply circuit as a provider of electrical energy required system and there is also a series relay as a switch for DC motors. The way the device works is by detecting the air with the sensor and the results of the sensor output will be processed by the microcontroller and displayed using the LCD. Furthermore, if the detected air quality in enclosed vehicle space is not good or bad, in anticipation of the first then the power windows will automatically open. Power window is moved by a DC motor.

This prototype device can work automatically, both for detection of air quality as well as to open the power windows. In clean air conditions, Vout sensor TGS 2600 is at voltage 0.2 to 1.2 V, while in a state of gas detected at measurable Vout> 1.2 V depending on the gas density. On the LCD can be read how the quality of the indoor air.




Keyword: Microcontroller, General Water Quality (TGS 2600), LCD, Power Window, toxic gas.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Perancangan dan Realisasi Pengendali Power Window bersarkan Kualitas Udara dalam Ruang Kendaraan yang Tertutup berbasis Mikrokontroler
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anisa Rahmy
Perorangan
M. Sarwoko, Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini