Implementasi Sistem Kendali Perkandangan Ayam Petelur (Pembersih Kandang Berbasis Mikro dan SMS)

Angga Wahyu Pratama

Informasi Dasar

611090100
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Penyakit pada hewan ternak merupakan salah satu penyebab menurunnya produksi pada ayam petelur. Dalam suatu observasi salah satu penyebab munculnya virus penyakit yaitu tidak higienisnya kandang yang ditempati hewan ternak tersebut. Pada daerah lembab dan kotor virus penyakit mudah berkembang. Selain itu, efek lain dari ketidak higienisan kandang adalah polusi udara yang akan berdampak pada masyarakat sekitar.

Pada proyek akhir ini telah dibuat alat pembersih yang berbasiskan mikro dan sms. Pembuatan pembersih kandang ini menggunakan timer dalam mengatur waktu pembersihan kotoran ayam. Kandang ini ditempatkan pada sisi paling bawah dari kandang ayam petelur. Dengan posisi 300, bidang sisi miring tersebut difungsikan sebagai tempat jatuhnya kotoran ayam petelur. Karena karakter kotoran ayam yang bersifat encer, ketika jam pembersihan wiper tersebut bergerak ke kiri maupun ke kanan untuk membersihkan kotoran tersebut. Kotoran tersebut nantinya akan mengarah kepada bak penampungan yang telah disediakan. Dalam bak penampungan dikonfigurasikan dengan pemodelan sms dengan memanfaatkan sensor level ketinggian air.

Perangkat pembersih ini dapat berjalan dengan baik untuk membersihkan kotoran ayam. Dalam penggunaannya pembersih ini masih menggunakan sistem manual dalam menyalakan maupun mematikannya. Untuk sms level warning, untuk diaplikasikan pada lapangan kurang efektif. Solusinya, lebih baik menggunakan indikator LED.

Kata Kunci : Kata kunci: ayam petelur, microcontroller and smsABSTRACT: Disease in cattle is one of the causes of declining production in laying hens. In an observation of one of the causes of the emergence of viral diseases are not hygienic livestock pens are occupied. In the damp and dirty areas easily develop disease virus. In addition, other effects of non higienisan enclosure is air pollution that will impact the surrounding community.

In the project have been made cleaning tool based micro and sms. Manufacture of these cages cleaners use a timer to regulate the cleaning of chicken manure. This cage was placed on the bottom side of the laying hen. With 300 positions, areas of the hypotenuse is functioned as the fall of dirt laying hens. Because the character of chicken manure that is diluted, while at the cleaning wiper is moved to the left or the right to clean up the dung. The dirt will eventually lead to the reservoirs that have been provided. The tanks are configured with sms modeling with the use of high water level sensor.

This cleaning device can work well for cleaning the chicken manure. In use these cleaners are still using manual systems in the light or turn it off. For sms warning level, to be applied in the field is less effective. The solution, it is better to use LED indicator.

Keyword: Key words: laying hens, microcontroller and sms

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Implementasi Sistem Kendali Perkandangan Ayam Petelur (Pembersih Kandang Berbasis Mikro dan SMS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Angga Wahyu Pratama
Perorangan
M. Sarwoko, Agung Nugroho Jati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini