Perancangan Sistem Penyiraman Air Otomatis Berbasis Mikrokontroler

Triana Harimurti

Informasi Dasar

611090088
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Seperti yang kita ketahui tanaman sangat membutuhkan air utuk perkembangan hidupnya. Jika tanah pada tanaman itu kekurangan air maka tanaman itu akan mati. Begitu juga dengan sebaliknya. Untuk itu kita perlu menjaga suhu dan kelembaban tanah pada kondisi tertentu. Namun terkadang petani masih mengalami kesulitan dalam hal penyiraman karena harus dilakukan secara manual. Oleh karena itu dibuatlah sistem penyiraman otomatis yang juga dapat dimonitoring melalui komputer untuk mempermudah pekerjaan para petani.

Pada sistem penyiraman air otomatis ini, hal pertama yang dilakukan adalah mengetahui nilai suhu dan kelembaban tanah di sekitar lahan menggunakan sensor SHT11. Kemudian data hasil sensor diolah menggunakan microcontroller ATmega 8535 yang akan menghasilkan sinyal kendali pada aktuator dan mengirimkan data hasil pengukuran suhu ke komputer secara serial dengan protokol RS-232 dan menampilkan hasil pengukuran dengan visual basic. Jika nilai suhu dan kelembaban kurang pada batas normal, maka alat ini akan menyiramkan air secara otomatis ke lahan.

Secara keseluruhan kinerja alat sistem penyiraman air otomatis telah menunjukkan hasil sesuai dengan rancangan yaitu pompa air akuarium dapat mengalirkan air ke lahan dan hasil nilai suhu dan kelembaban dapat di monitoring melalui komputer dengan program visual basic.

Kata Kunci : suhu, kelembaban, ATmega 8535, SHT11, Visual Basic.ABSTRACT: As we know, plants need water for their growth. If the soil is waterless then it would be infertile, and just the opposite. In order to, we need to keep the soil temperature and humidity for certain condition. Watering plants manually sometimes is still hard for farmer. So, automatically watering system which is can be monitored from personal computer to make farmer's activity easier is made.

In this automatically watering system, the first thing to do is knowing the value of temperature and soil humidity around the soil using ATmega 8535 microcontroller which will equals control signal in actuator and transmitting the results of temperature measurement to personal computer with a serial RS-232 protocol and displaying the measurement results with Visual Basic. If the results of temperature and humidity measurements less Overall performance of the tools automatic watering system has demonstrated result in accordance with a design that is able to drain water pump to land and the values of temperature and humidity can be monitored from personal computer in visual basic program.than the normal, then this tool will automatically pour water into the soil.

Keyword: temperature, humidity, ATmega 8535, SHT11, Visual Basic.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Perancangan Sistem Penyiraman Air Otomatis Berbasis Mikrokontroler
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Triana Harimurti
Perorangan
Dharu Arseno, Denny Darlis
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini