Jam Digital Portable dengan Output Suara untuk Penderita Tuna netra

Fita Afriana

Informasi Dasar

611090074
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Kebutuhan untuk mengetahui waktu sangat penting bagi manusia tanpa memandang status maupun kondisi fisik. Hal ini yang membuat saya terinpirasi untuk membuat Jam digital portable yang bisa mengeluarkan suara sesuai dengan waktu yang ditunjukkan pada LCD jam tersebut. Pengganaan jam digital portable ini dikhususkan bagi tuna netra. Alat ini akan mengeluarkan suara sesuai karakter yang ditampilkan pada LCD apabila di tekan tombol play.

Untuk membuat jam digital dengan tampilan LCD maka ada beberapa komponen yang dibutuhkan yaitu, LCD sebagai media penampil, Real Time Clock atau RTC sebagai rangkaian jam dalam sebuah IC dan mikrokontroler sebagai pengolah data RTC dan menampilkan karakter pada LCD. Prinsip kerja dari alat ini adalah dengan menggunakan mikrokontroler ATMega 16, kemudian akan memanggil suara hasil rekaman yang telah disimpan pada SD Card sesuai dengan karakter yang terbaca untuk di-play. Format waktu yang digunakan untuk jam digital ini adalah format waktu 24 jam dan output suara menggunakan bahasa Indonesia. Jam digital ini di lengkapi tombol play, untuk memutar suara sesuai dengan jam yang telah diatur sebelumnya.

Setelah dilakukan perancangan sistem dan pembuatan alat, di peroleh nilai MOS 4,1 untuk kemanfaatan alat, nilai 4 untuk kemudahan pengoperasian alat, nilai 2 untuk desain alat dan nilai 3,2 untuk fitur yang tersedia. Nilai error rate yang dihasilkan alat ini terhadapan kesesuaian input data RTC dengan output suara yaitu 0%.
Kata Kunci : Jam tangan digital, output suara, Tuna Netra, SD Card, ATMega 16ABSTRACT: Needs to know the time is very important for human beings regardless of status or physical condition. This makes inspiration to me was to create a portable digital clock that can make a sound in accordance with the time indicated on the LCD clock. The use of these portable digital clock designed for the visually impaired. This tool will give voice fit the characters displayed on the LCD when the hit play.

To make a digital clock with LCD display so there is some component that is required, the LCD as a media viewer, Real Time Clock or RTC as a series of hours in a microcontroller IC and RTC as a data processor and display characters on LCD. The working principle of this tool is to use a microcontroller ATMega 16, then will call a recorded voice that has been stored on the SD Card in accordance with unreadable characters for in-play. Time format used for digital clock is a 24-hour format and output the sound using the Indonesian language. Digital clock is equipped play button

After the system design and manufacture of tools, the MOS value of 4.1 obtained for the benefit of the tool, value of 4 for ease of operation of the tool, the value 2 for the design of the tool and the value of 3.2 for the features available. The resulting error rate value of this tool to the conformity of the data input RTC with the sound output is 0%.Keyword: Digital watches, voice output, visually impaired, SD Card, ATMega 16

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Jam Digital Portable dengan Output Suara untuk Penderita Tuna netra
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fita Afriana
Perorangan
Sarwoko, Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini