PERANCANGAN DAN REALISASI JAM DIGITAL DENGAN SISTEM GPS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8535

Sri Puji Hutami

Informasi Dasar

611090071
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Jam merupakan alat yang dibutuhkan oleh setiap orang untuk mengetahui waktu. Di dunia pekerjaan waktu merupakan salah satu parameter yang digunakan untuk sistem absensi pegawai. Setiap pegawai memiliki kewajiban untuk tepat waktu dan bekerja selama jam yang sudah ditentukan oleh perusahaan setiap harinya. Hal tersebut berlaku juga untuk pabrikpabrik yang memiliki pegawai dalam jumlah besar. Biasanya pabrik-pabrik tidak memiliki hanya satu pintu tapi beberapa pintu dan setiap pintu dipasang jam untuk mengethui pegawaipegawai yang masuk dan pulang tepat waktu atau tidak. Akan tetapi jam-jam yang ada di setiap pintu tersebut belum tentu memiliki ketepatan waktu yang sama. Oleh karena itu dibuat suatu alat berupa jam digital yang terdapat sistem GPS di dalamnya agar waktu yang ditunjukan jam tersebut selalu tepat. Perancangan alat ini dituangkan juga dalam bentuk proyek akhir yang berjudul “Perancangan dan Realisasi Jam Digital dengan Sistem GPS Berbasis Mikrokontroler ATMega 8535”.

Pada pembuatan Proyek Akhir ini terdapat tiga buah Sistem Minimu. Prinsip kerja alat ini adalah Global Positioning System (GPS) yang dapat memberikan informasi waktu secara akurat dan akan mengirimkan data ke mikrokontroler master yang selanjutnya mikrokontroler master akan mengolah data tersebut. Data yang diambil dari GPS adalah data waktu pada GPRMC kemudian data waktu tersebut diubah ke dalam WIB, setelah diubah menjadi WIB Sistem Minimum Master ini akan mengirimkan data waktu tersebut ke Mikrokontroler 1 dan dari Mikrokontroler 1 dikirimkan lagi ke Mikrokontroler 2 dengan menggunakan komunikasi TTL. Jam digital dengan sistem GPS ini memiliki output berupa display pada tiga buah LCD di masing-masing Sistem Minimum Mikrokontroler ATMega 8535.

Hasil dari pembuatan Proyek Akhir ini adalah sebuah sistem jam digital dengan sistem GPS yang memiliki tegangan masukkan sebesar 4,9 5,03 volt di masing-masing Sistem Minimum Mikrokontrolernya, selain itu jam digital ini juga mengalami kehilangan sinyal 3-11 kali setiap menitnya jika diletakkan di dalam ruangan yang beratap dan 3-4 kali setiap menitnya jika diletakkan di luar ruangan yang beratap.Kata Kunci : Mikrokontroler, jam digital, GPS.ABSTRACT: Clock is the important thing for people to know the time. In industries time is the one of parameter for employee attendance rule. The employee has a duty to work on time. In the same way that apply to the factories which have many employee. The factories usually have some gates and every gate there is has the clock is used to know the employee who present and go home on time. However, the clocks in every gate that sometimes have no compatible time. Therefore, the digital clock that contained GPS system is created, in order that the time in this clock always display the true time. This design is also created for Final Project entitled “Design and Realization of Digital Clock with GPS System Based on Microcontroller ATMega 8535”.

There are three Minimum System in Final Project. This Final Project benefitted the Global Positioning System (GPS) which gives the information of time accurately base on the located of the clock than it is sent to the ”Mikrokontroler Master” and it will be processed that data or information of time. The type of data has been taken from GPS is GPRMC, where there is time of data in GPRMC type which it will be processed and changed in WIB time, after that the ”Mikrokontroler Master” send the data to ”Mikrokontroler 1” and ”Mikrokontroler 1” will send too the data to ”Mikrokontroler 2” with TLL communication. Digital Clock with GPS system has been displayed at 3 LCD in 3 Minimum System of Microcontroller ATMega 8535.

The result of this Final Project is the digital clock with GPS system which have input voltage about 4,9-5,03 volt in every Minimum Systems, otherwise this digital clock have loss signal 3-11 times in every minutes if this digital clock in a room and 3-4 times in every minutes if the digital clock in outside.Keyword: Microcontroller, digital clock, GPS.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI JAM DIGITAL DENGAN SISTEM GPS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8535
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sri Puji Hutami
Perorangan
Dharu Arseno, Budi Setiadi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini