Penghapus Papan Tulis (White Board) Berbasis Mikrokontroler ATMega8535

Dessy Irmalianti

Informasi Dasar

611090070
004
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Papan tulis (white board) merupakan salah satu sarana utama dalam proses belajar mengajar. Sampai saat ini, hampir seluruh pendidik di Indonesia menggunakan cara manual untuk menghapus papan tulis, yaitu dengan tenaga manusia. Hal tersebut memerlukan waktu yang dapat mengurangi keefisiensian waktu kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu dibuat suatu alat berupa penghapus papan tulis (white board) dengan memanfaatkan wiper sebagai komponen utama yang telah diintegerasikan dengan mikrokontroler yang akan menghapus bekas tinta pada papan tulis (white board) secara otomatis tanpa menggunakan tenaga manusia. Perancangan alat ini dituangkan dalam bentuk proyek akhir yang berjudul “Penghapus Papan Tulis (White Board)Berbasis Mikrokontroler Atmega8535”.

Mikrokontroler merupakan komponen yang membantu mengendalikan secara otomatis dan dapat mengerjakan instruksi – instruksi yang diberikan. Mikrokontroler ini diprogram terlebih dahulu sebelumnya. Program yang digunakan adalah Bahasa Pemrograman C yang merupakan program khusus untuk mikrokontroler. Prinsip kerja alat ini adalah mikrokontroler yang telah diisi dengan program yang sedemikian rupa melalui rangkaian relay yang kemudian akan memicu motor DC untuk menggerakkan dua buah wiper untuk membersihkan bekas tinta pada papan tulis (white board).

Sistem penghapus wiper ini sudah berjalan dengan baik untuk menghapus sisa sisa tinta yang ada di papan tulis (white board). Daya yang digunakan adalah sebesar 12,1 Watts. Pada alat ini juga dilakukan pengukuran secara subjektif yaitu dengan menggunakan metode MOS. Nilai rata-rata yang diberikan oleh responden untuk kemanfaatan alat adalah 4. Untuk kemudahan pengoperasian alat nilai rata-rata yang didapat adalah 4,73. Sedangkan untuk desain alat ini adalah 3,36.Kata Kunci : Mikrokontroler, wiper, motor DC.ABSTRACT: The white board is one of the main facilities in the learning process. These days, almost all educators in Indonesia using the manual method to clean up the white board, by manpower. It takes time to reduce the efficiency of teaching and learning. Therefore, it is a tool in the form of a white board eraser using the wiper as the main component that has integrated with a microcontroller that will clean up the ink marks on the white board automatically without using manpower. The design tool is manifested in a final project entitled “White Board Wiper Based On Atmega8535 Microcontroller ".

Microcontroller is a component that helps control automatically and can work instructions - instructions. Microcontroller is programmed in advance before. The program used is the C programming language which is a special program for the microcontroller. The working principle of this device is a microcontroller that has been filled with such programs through a series of relay which will then trigger the DC motor to drive the two wiper to clean the ink marks on the white board.

Wiper removal system is already well underway to remove the remaining ink residue that is on the board (white board). The power used is equal to 12,1 Watts. In this tool also measured subjectively by using MOS method. The average value given by the respondents for the benefit of the tool is 4. For ease of tool operation, the average value obtained was 4.73. As for the design of this tool is 3.36Keyword: Mikrocontroller, wiper, DC motor.

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

Penghapus Papan Tulis (White Board) Berbasis Mikrokontroler ATMega8535
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dessy Irmalianti
Perorangan
M. Sarwoko, Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini