IMPLEMENTASI ALAT BANTU DETEKSI TINGKAT KEBENARAN DALAM PEMBACAAN AL-QUR’AN

MEGA PUTRIANA

Informasi Dasar

611090069
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Sebagai negara yang penduduknya sebagian besar beragama Islam, perlu diperhatikan tingkat kebenaran dalam membaca Al-Qur’an. Karena apabila salah dalam membacanya, maka akan mengubah arti serta makna yang terkandung didalamnya. Saat ini kondisi masyarakat muslim masih banyak yang melakukan kesalahan pada saat membaca Al-Qur’an karena kekurang pahaman mereka tentang cara membaca Al-Qur’an yang benar dan mereka tidak meluangkan waktunya untuk belajar membaca Al-Qur’an yang benar secara intensif.

Dalam Proyek Akhir ini telah dibuat alat bantu untuk mendeteksi kebenaran pembacaan Al-Qur’an dengan parameter uji dalam domain waktu dan domain frekuensi. Proyek Akhir ini fokus pendeteksiannya pada panjang pendek pembacaan Al-Qur’an. Parameter ciri audio yang digunakan, antara lain : Zero Crossing Energy (ZCR), Band Energy Ratio, Total Energy dan fitur lain yang akan digunakan untuk mengklasifikasikan sinyal.

Sistem telah mampu mendeteksi dengan akurasi 88 persen dari kebenaran pembacaan Al-Qur’an yang dideteksi. Pada proses pendeteksian sistem juga telah mampu menghitung waktu komputasi setelah proses merekam suara sampai proses klasifikasi dengan Distance Vector.Kata Kunci : ciri audio, bacaan Al-Qur’an, signal classificationABSTRACT: As a country whose has population is mostly Muslim, Muslims can read Al-Quran well is an important thing to be noticed. Because if there is mistake in the reading Al-Quran, it will change the meaning of contained Al-Quran. Now, the condition of Muslim community, there are many who make mistakes while reading the Qur'an because they don’t understanding in how to read Al-Quran well, and they do not take the time to learn reading Al-Quran well intensively.

In this Final Project, I create a tool to detect the level of truth reading Al- Quran with test parameter in time and frequency domain . This Final Project focus that detection on long short of reading the Qur’an. The audio extraction parameter that used, such as : Zero Crossing Energy (ZCR), Band Energy Ratio, Total Energy,and the other feature that will used to signal classification.

The system has been able to detect with 82 percent accuracy of the truth of the Qur'an readings are detected.On the detection process, system has counted computation time after recoding voice process until classification process with Distance Vector.Keyword: audio characteristic, reading the Quran, signal classification.

Subjek

SOFTWARE ENGINEERING
 

Katalog

IMPLEMENTASI ALAT BANTU DETEKSI TINGKAT KEBENARAN DALAM PEMBACAAN AL-QUR’AN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MEGA PUTRIANA
Perorangan
Bambang Hidayat, Yuli Sun Hariyani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini