Perancangan dan Implementasi otomatisasi kunci mobil dengan kontrol bluetooth menggunakan mobile application berbasis android

Ginanjar Artanto

Informasi Dasar

611090068
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Kunci dan kendaraan mobil merupakan suatu kesatuan yang hampir bisa dikatakan tidak terpisahkan. Alat bergerigi ini digunakan sebagai pengendali semua sistem yang ada dalam kendaraan seperti start engine, membuka serta mengunci pintu, membuka bagasi. Tetapi kini sebagian orang telah mencoba untuk membuat alternatif pengganti fungsi dari kunci, sebab sudah cukup banyak peralatan yang mengandalkan teknologi untuk menggantikan perannya. Sebagai contoh untuk membuka atau mengunci pintu mobil sudah dapat digantikan dengan remote bahkan telah dilengkapi dengan sensor alarm. Namun masalah yang timbul adalah bahwa terkadang seseorang menyatukan antara keduanya yaitu remote dan kunci mobil, tentu ini sangat bermasalah karena jika kita tidak antisipatif maka benda tersebut akan hilang dari pengamatan kita. Maka seseorang akan dengan mudah menemukan kendaraan kita bahkan mengambilnya. Untuk itu perlu suatu sistem terintegrasi tetapi mempunyai security yang tinggi.

Dalam proyek akhir ini telah direalisasikan suatu sistem yang terintegrasi tersebut sebagai pengganti remote yang mempunyai security rendah yaitu suatu otomatisasi kunci menggunakan aplikasi berbasis android. Sistem aplikasi android ini memiliki 4 pemilihan mode fungsi, yaitu : mengaktifkan dan menonaktifkan kelistrikan mobil (key on dan key off), start engine, membuka dan mengunci pintu serta mengaktifkan dan menonaktifkan alarm. Sistem ini dapat diaplikasikan melalui ponsel android. Untuk meghubungkan antara ponsel android dan sistem tersebut akan digunakan bluetooth, dimana informasi yang dikirimkan ponsel akan diterima modul bluetooth sebagai data dan akan diolah di mikrokontroler yang terpasang sehingga mikrokontroler tersebutlah yang nantinya memerintah sistem bekerja.

Perancangan dan realisasi sistem aplikasi android ini diharapkan bisa menggantikan remote biasa dengan tidak mengurangi fungsi dasar dari remote itu sendiri namun ada penambahan security yang lebih tinggi dengan inputan sebuah password dalam proses pairing bluetooth dan nantinya bisa dikembangkan untuk semua sistem yang lebih kompleks.

Kata Kunci : Remote, mikrokontroler, bluetooth, Android, ponsel, mobilABSTRACT: keys and cars is a unit that can almost be said to be inseparable. Serrated tool is used as the controller of all existing systems in vehicles such as startengine, unlock and lock the door, opened the trunk. But now some people have tried to create alternatives to the functions of the keys, because there are many tools that rely on technology to replace its role. For example, to open or lock the car doors had been replaced with the remote even been equipped with a sensor alarm. But the problem that arises is that sometimes a person unites the two is remote and car keys, of course this is very problematic because if we do not anticipate the object will disappear from our observations. Then one will easily find our vehicles even pick it up. For that we need an integrated system but has high security.

In this final project has been realized an integrated system such as a remote replacement that has a low security is a key automation using android based applications. Android application system has 4 mode selection functions: to enable and disable the car electrical (key on and key off), start engine, opening and locking doors and activating and deactivating the alarm. This system can be applied through the android phone. To synchronize between android phone and that system will be used a bluetooth, in which information is transmitted phones will be accepted a bluetooth module and the data will be processed in the microcontroller is mounted so that the microcontroller to govern the system works.

Design and realization of android application system is expected to replace the regular remote, but it's does not reduce the basic functions of the remote itself, but there is the addition of a higher security to input a password in the bluetooth pairing process and will be developed for all systems are more complex.

Keyword: Remote, microcontroller, Bluetooth, Android, mobile phones, car

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi otomatisasi kunci mobil dengan kontrol bluetooth menggunakan mobile application berbasis android
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ginanjar Artanto
Perorangan
Budhi Irawan, Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini