Aplikasi Android Pendeteksi Nada Untuk Alat Musik Petik

Rizky Dwi Putra

Informasi Dasar

611090056
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam perkembangan gadget handphone, terdapat banyak jenis gadget yang ditawarkan kepada konsumen. Salah satu gadget yang saat ini laris adalah gadget Android. Android adalah sistem operasi berbasis linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi sendiri. Aplikasi andoid saat ini sangatlah beragam. Baik aplikasi game, GPS, multimedia, dan lain-lain. Aplikasi android dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman java. Pemanfaatan sebuah gadget untuk keperluan tertentu sangat di gemari para pengguna android saat ini.salah satunya mungkin untuk keperluan bermusik. Dalam dunia musik saat ini telah ada alat yang bernama tunner. Tunner ini digunakan untuk mendeteksi nada (frekuensi) suatu alat musik petik untuk penyelarasan nada sehingga pengguna dapat bermain musik dengan nada yang selaras, namun sekarang ini harga dari tunner tersebut masih cukup mahal.

Berdasar permasalahan diatas, pada proyek akhir ini telah dibuat sebuah aplikasi untuk sistem operasi android yang dapat menggantikan fungsi dari tunner tersebut. Aplikasi ini menggunakan mikrofon dari handphone sebagai masukan ke dalam aplikasi, setelah itu aplikasi akan mendeteksi suara dan menampikan ke layar handphone untuk diketahui oleh pengguna sehingga pengguna dapat menyesuaikan nada sesuai dengan nada yang diinginkan. Software yang akan digunakan adalah eclipce. Eclipse digunakan untuk membantu dalam pengembangan program masuk ke platform android.

Dalam proyek akhir ini telah tercipta aplikasi yang dapat mendeteksi nada beberapa alat musik petik. Sehingga pengguna dapat menyelaraskan nada alat musik dengan mudah dan benar. Serta tidak perlu membeli alat bantu tunner yang cukup mahal tersebut.

Kata Kunci : Aplikasi Android, Tunner, Alat Musik , mikrofon , Eclipce , Nada.ABSTRACT: In the development of mobile gadgets, there are many types of gadgets are offered to consumers. One gadget that is currently selling the android gadgets. Android is a linux-based operating system. Android provides an open platform to developers for creating your own aplication. Android current aplications are extremely diverse. Doog gaming aplications, GPS, multimedia, and many others. Android application built using java programming language. Utilization of a gadget for musical purposes. In the word of music today has no tool names tunner. Tunner is used to detect the tone (frequency) of a stringed musical instrument for harmonizing tones so users can play music wirh a tone of harmony, but now the price of the tunner is still quite expensive.

Based on the above problems, at the end of this project has made an application for the android operating system that can replace the function of the tunner. This aplication uses the microphone of the mobile phone as an input into the aplication, after which the application will detect the sound and the screen displays the phone to be known by user do users can adjust the tone according to the desired tone. Software to be used is eclipce. Eclipce is use to assit in the development program into the android platform.

In this final project has created an aplication that can detect the tone of a stringed musical instrument. So that user can sync musical tone easily and correctly. And do need to buy a tool that is quite expensive these tunner.

Keyword: android applications, Tunner, musical instrument, microphones, Eclipce,

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Aplikasi Android Pendeteksi Nada Untuk Alat Musik Petik
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rizky Dwi Putra
Perorangan
Asep Mulyana, Inung Wijayanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini