ALAT UKUR PANJANG DENGAN TAMPILAN HASIL UKUR PADA LCD

GST A GD SETIADI GUNAWAN

Informasi Dasar

611090040
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Pada dunia pengukuran, keakuratan hasil ukur adalah prioritas utama, seperti dalam pengukuran panjang sebuah benda yang tidak beraturan dibutuhkan keahlian untuk mencapai hasil paling akurat. Ketidakakuratan tersebut dipengaruhi oleh keterbatasan mata manusia dalam pembacaan data yang sering disebut dengan kesalahan Parallax. Dengan perkembangan teknik elektronika dan mikrokontroler, telah dibuat sebuah alat yang dapat menghitung berapa panjang benda yang kita ukur dan dilengkapi dengan tampilan hasil ukur dalam sebuah Liquid Crystal Display (LCD). Konsep yang digunakan adalah dengan perubahan beda potensial sepanjang lengan secara konstan yang akan diolah dalam mikrokontroler menjadi perubahan jarak yang akan ditampilkan didalam LCD. Lengan terbuat dari bahan yang memiliki nilai resistansi yang nilainya bertambah secara konstan setiap perubahan jarak lengan alat tersebut. Konsep yang digunakan adalah konsep tahanan geser (Precision Potentiometer). Jadi jika resistor tersebut dialiri arus listrik maka akan terjadi beda tegangan sepanjang lengan yang akan menjadi acuan untuk perubahan jarak dalam display hasil ukurnya

Berdasarkan permasalahan tersebut, pada proyek akhir ini dirancang design sebuah alat ukur panjang dengan tampilan hasil ukur pada LCD. Adapun software yang digunakan adalah arsitektur mikrokontroler jenis CodeVision AVR (Alf and Vegard RISC atau Advance Virtual RISC) dan menggunakan mikrokontroler AVR ATmega8 untuk konversi ke dalam tampilan LCD. Software yang lain yang digunakan adalah Altium designer untuk membuat rute rangkaian elektronika yang di-update ke PCB (printed circuit board).

Dari hasil pengukuran yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa alat ukur panjang ini telah bekerja dengan baik dengan tingkat ketelitian 99.2383085 % dengan pembanding berupa penggaris dan 99.113453714 % dengan pembanding berupa jangka sorong.Kata Kunci : Precision Potentiometer, beda potensial, mikrokontroler AVRABSTRACT: On the measurement, accuracy of measurement results is a priority, as in the measurement of the length of an irregular object expertise needed to achieve the most accurate results. These inaccuracies are influenced by the limitations of the human eye in the reading the data is called Parallax error. With recent technique electronics and mikrokontroler , have been made a device that could calculate how long the things we measured and is equipped with a liquid crystal display ( LCD ) . Concept that used is to change a potential difference along the arm of device constantly to be treated in mikrokontroler be change distance are shown in LCD . Arm have made of material that has resistance values that continue to increase the value of any change in the distance the arm device.. Concept used is concept prisoners sliding ( precision potentiometer ) . So if the resistors drained of electric current then will happen different voltage along arm that will become a reference for change distance in the result display .

Based on those problems , at this final project, designed a measuring instrument to measure the length with the LCD at the results . The software that used is kind of mikrokontroler architecture, CodeVision AVR ( Alf and Vegard Risc or Advance Virtual RISC ) and using AVR mikrokontroler ATmega8 for conversion into result in LCD . Another software that used is Altium Designer to make a electric route circuits that updated to PCB ( Printed Circuit Board ) .

From the results of measurements that have been made can be said that this long gauge has worked well with the level of accuracy of the comparison of 99.2383085 % with a ruler and 99.113453714 % with a caliper.Keyword: Precision Potentiometer, voltage difference, AVR

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

ALAT UKUR PANJANG DENGAN TAMPILAN HASIL UKUR PADA LCD
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GST A GD SETIADI GUNAWAN
Perorangan
Mohammad Ramdhani, Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini