aplikasi pelayanan mahasiswa berbasis web bagian kemahasiswaan bidang kesejahteraan mahasiswa institut teknologi telkom

boby saeful azhar

Informasi Dasar

611090033
658.403 801 1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Kemahasiswaan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan aktifitas mahasiswa di dalam kampus. Baik itu yang bersifat akademik dan non-akademik. Dalam suatu institusi Kampus, yang mengatur di hampir kesemua kegiatan mahasiswa adalah Bagian Kemahasiawaan (BK). Untuk mengatur serta melayani kebutuhan para mahasiswa secara maksimal, BK telah membuat sebuah website yang bertujuan agar dalam melakukan kinerjanya dapat lebih efektif dan efisien. Namun kinerja website yang ada masih belum maksimal, karena masih banyak sistem-sistem yang dalam pelaksanaannya masih dilakukan secara manual.

Untuk mencapai tujuan awal dalam memaksimalkan kinerja website tersebut, maka diperlukan banyak pembaharuan hampir di semua bagian yang ada. Untuk merubah sistem yang lama menjadi sebuah sistem yang baru, tentunya dibutuhkan data-data mengenai sistem yang lama atau sistem yang sudah ada tersebut untuk selanjutnya dianalisa terlebih dahulu, bagian mana yang akan diubah kedalam sistem baru yang online.

Setelah dilakukan analisa terhadap sistem lama yang akan diubah, maka pada proyek akhir ini dibuat sebuah perubahan sistem yang jika dalam sistem lama masih manual dalam pelaksannaanya, diubah menjadi hampir di kesemua sistem yang ada kini menjadi sebuah sistem baru yang online. Seperti pada sistem pemesanan asrama yang dahulu masih manual, kini mahasiswa dapat memesan kamar secara online. Lalu pada sistem beasiswa, kini sistem yang baru menjadi lebih efisen bila dibandingkan dengan sistem lama yang masih banyak dilakukan secara manual. Untuk sistem klinik, kini mahasiswa dapat mendaftar terlebih dahulu jika akan berobat, dan admin klinik lebih merasa terbantu dengan sistem pendataan pasien dan diagnosa yang sudah berubah menjadi sistem baru yang online. Serta kini mahasiswa yang berprestasi dapat lebih bangga dengan prestasi yang telah diraihnya, karena pada sistem yanng baru, setiap prestasi tersebut akan tampil pada website. Terakhir untuk sistem mengenai berita, kini lebih terorganisir sesuai dengan jenis beritanya.

Kata Kunci : web aplikasi, PHP, MySQL, BK, Kesejahteraan Mahasiswa.ABSTRACT: Student is anything related to student activities on campus. Whether it's the nature of academic and non-academic. In a campus institution, which is set in nearly all student activities are part Kemahasiawaan (BK). To organize and serve the needs of the students to the maximum, BK has created a website that aims to make the performance can be done more effectively and efficiently. But the performance of existing website is still up, because there are many systems in practice is still done manually.

To achieve the initial goal of maximizing the performance of the website, it takes a lot of reforms in almost every part of exist. To change the old system into a new system, of course, necessary data is available on the old system or existing system to be analyzed further in advance, what parts are being converted to the new system online.

After analysis of the old system to be changed, then at the end of this project made a change in the system if the old system is still manual in pelaksannaanya, transformed into almost all of the existing system has become a new online system. As in the first hostel booking system is still manual, students can reserve a room now online. Then the system of scholarships, the new system has become more efisen when compared with the old system is still mostly done manually. For the clinic system, students can now register first if will seek treatment, and more clinic admins find it helpful to patients and diagnostic data collection system that has been transformed into a new system online. And now student achievement can be more proud of the accomplishments that have been achieved, because the new yanng system, each of these achievements will be featured on the website. Last for the system on the news, is now more organized according to the type of news.

Keyword: Web Applications, PHP, MySQL, Student Section, Welfare Student

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

aplikasi pelayanan mahasiswa berbasis web bagian kemahasiswaan bidang kesejahteraan mahasiswa institut teknologi telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

boby saeful azhar
Perorangan
Tody Ariefianto Wibowo, Muhammad Iqbal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini