APLIKASI WEBSITE INVENTARISASI ONLINE DENGAN SISTEM BARCODE

Bambang Joko Widodo

Informasi Dasar

611090013
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Pada saat ini keberadaan teknologi sangat dibutuhkan oleh banyak masyarakat. Karena dengan teknologi, pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih mudah dan cepat. Salah satu teknologi yang saat ini berkembang yaitu keberadaan media online atau website. Berbagai jenis aplikasi website telah mengalami perkembangan secara cepat, karena sejalan tuntutan masyarakat yang menginginkan kemudahan dan dapat menunjang penyimpanan serta pengolahan data yang lebih baik. Melihat hal ini penulis berinisiatif untuk mengimplementasikan aplikasi website yang dapat membantu kegiatan pendataan barang di laboratorium FEK (Fakultas Elektro dan Komunikasi) Institut Teknologi Telkom yang selama ini masih manual dengan menggunakan selembar kertas. Kekurangan dari sistem manual ini, yaitu: kemungkinan untuk kehilangan data sangatlah besar, kesulitan untuk menganalisa kesimpulan data, dan kesulitan dalam hal kontroling barang.
Untuk mengatasi masalah tersebut, pada proyek akhir ini akan dibuat APLIKASI WEBSITE INVENTARISASI ONLINE DENGAN SISTEM BARCODE yang memungkinkan adanya proses pendataan barang menggunakan label barcode, sehingga dalam melakukan input data barang akan lebih cepat. Pada aplikasi ini juga dapat menangani hal kontroling peminjaman dan pengembalian barang, serta dilengkapi fasilitas SMS Gateway untuk mengirim reminder kepada peminjam jika terjadi keterlambatan. Proses inputan id karakter pada aplikasi website ini mengunakan alat bantu pembaca barcode 1 dimensi atau linear bar codes dengan tipe Code 39 (code 3 of 9).
Dengan adanya aplikasi ini, proses inventarisasi pendataan barang serta kontroling barang dapat dilakukan dengan lebih cepat dan lebih baik. Karena sistem sudah terintegrasi dengan label barcode dan sistem SMS Gateway yang dapat membantu dalam hal kontroling baik dalam hal peminjaman dan pengembalian barang.Kata Kunci : Website, Inventaris, BarcodeABSTRACT: At this time the existence of technology is required for many people. Because of technology, work can be completed more easily and quickly. One of technology that is currently experiencing growth, that is the online media or website. Various types of web application has been progressing rapidly, because people want easy and can support the storage and better data processing. Looking at this case I took the initiative to implement a web application that can assist the collection of goods in the FEK Laboratory in Institut Teknologi Telkom, that still manual by using a piece of paper. Disadvantages of this manual system, namely: the possibility of data loss is very large, difficult to analyze the data conclusions, and difficult in terms of controlling.
To overcome these problems, the final project would be made APPLICATIONS WEBSITE ONLINE INVENTORY WITH BARCODE SYSTEM which allows for the data collection process using a barcode labels, so that input the data to be faster. In this application can also handle borrowing and return of goods, as well as equipped with SMS Gateway to send a reminder to the borrower in case of delays. Character input process id on this website applications using barcode reader and linear barcodes with Type Code 39 (Code 3 of 9).
With this application, inventory data collection process and kontroling goods items can be done faster and better. Because the system is integrated with barcode label and SMS Gateway system that can help in kontroling both in terms of borrowing and return of goods.Keyword: Website, Inventory, Barcode

Subjek

SOFTWARE ENGINEERING
 

Katalog

APLIKASI WEBSITE INVENTARISASI ONLINE DENGAN SISTEM BARCODE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Bambang Joko Widodo
Perorangan
Purba Daru Kusuma, Tody Ariefianto Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini