perancangan dan implementasi remote control untuk mobil menggunakan komunikasi 802.11b

vera yunita rachmawati

Informasi Dasar

611081060
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini telah berkembang pesat teknologi robotika. Teknologi ini memiliki tingkat kerumitan dan kesulitan tertentu dalam desain implementasinya sehingga menjadi sangat digemari di kalangan mahasiswa. Berbagai jenis robot secara terus menerus diciptakan guna meningkatkan fitur dan manfaat dari robot tersebut, sebagai contoh misalnya robot remote control yang terus berkembang dengan berbagai variasi baik dari segi desain, perangkat komponen dan juga dari segi pengontrolannya. Untuk itu Proyek Akhir ini bertujuan untuk mengimplementasikan remote control untuk mobil RC menggunakan komunikasi 802.11b.

Proyek Akhir ini mengkonfigurasikan antara user, server dan motor. Dimana user mengendalikan motor melalui sebuah remote control yang berupa program yang dibuat menggunakan software visual basic dan server yang diimplementasikan pada sebuah wireless router tipe Linksys WRT54GL yang dimodifikasi dengan menginstall software carserver dan setserial didalamnya. Motor yang digunakan adalah sebuah motor yang terintegrasi dengan mikrokontroler yang menggunakan IC RX2 sebagai IC pengontrolannya.

Integrasi antara user, server dengan motor menghasilkan sebuah system yang baik dimana dengan mengirimkan perintah dari keyboard yang berada pada sebuah laptop dengan interface program visual basic maka perintah akan diterima oleh wireless router yang menghasilkan keluaran serial RS232 dilanjutkan mikrokontroler ATmega8535 dan kemudian dari ATmega8535 mengirimkan perintah ke IC RX2 untuk mengontrol pergerakkan motor sesuai perintah yang diterima. Integrasi sistem ditambahkan sebuah webcam jenis D-Link 5220 yang berfungsi sebagai interface yang menghasilkan gambar pada laptop yang telah diinstall driver D-Link 5220 dan juga webcam dikonfigurasikan dengan wireless router menggunkan sebuah kabel UTP agar bisa terhubung dengan laptop. Setelah dilakukan pengukuran dan analisa yang menghasilkan jarak terjauh server dan user terkoneksi adalah 50 meter dengan delay pengiriman perintah dari user ke server mencapai nilai 2 detik dengan menggunakan kabel LAN dan mencapai nilai minimum 500 detik dan maksimum 800 detik secara wireless, delay secara wireless lebih besar dikarenakan wireless adanya interferensi.

Kata Kunci : Wireless router, Webcam, Visual BasicABSTRACT: Nowadays robotics technology has developed rapidly. This technology had a certain level of complexity and difficulty in the design implementation so that it becomes very popular among students. Various types of robots are constantly created to improve the features and benefits of the robot, for example such as a remote control of robot that continues to evolve with different variations in terms of design, device components and also in terms of control. So this Final Project aims to implement a remote control for RC car use 802.11b communications.

Final project configured between user, server and motor. The user controlled the motor using a remote control with a program that created using visual basic software and servers are implemented on a Linksys WRT54GL wireless router that modified by installing setserial and carserver software therein.Motor that used is a motor that is integrated with a microcontroller that using IC RX2 as IC control.

Integration between user , server and motor have a result of a good system where with send a command with a keyboard which is in the laptop with visual basic interface program then the command received by wireless router that result RS232 result which then go to mikrokontroller ATMega8535 , and the mikrokontoller ATMega 8535 send ICX RX2 command to control a motor movement as a command that received. Integrity of the system add a D-Link 5220, webcam for interface for picture display for a laptop that had a D-Link 5220 driver installed. And webcam configurate with a wireless router using UTP cable that result connection maximum distance is 50M from user to server delay is 2 sec using UTP cable , and for wireless reach minimum 500 sec and maximum 800 sec, wireless delay is more bigger because of interferenceKeyword: Wireless router, Webcam, Visual Basic

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

perancangan dan implementasi remote control untuk mobil menggunakan komunikasi 802.11b
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

vera yunita rachmawati
Perorangan
M. Ary Murti, Burhanuddin Dirgantara
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini